Ilmuwan Sukses Gunakan Sel Punca untuk Sembuhkan Diabetes pada Tikus

Kompas.com - 28/02/2020, 08:07 WIB
Ilustrasi tikus Francisco MartinsIlustrasi tikus

KOMPAS.com - Sekelompok peneliti dari Washington University School of Medicine in St. Louis berhasil menemukan cara memanfaatkan sel punca atau stem cell yang lebih efisien dan efektif untuk menyembuhkan penyakit diabetes pada tikus.

Untuk diketahui, diabetes merupakan penyakit di mana kadar gula darah dalam tubuh menjadi tidak terkontrol karena sel beta pada pankreas tidak memproduksi cukup hormon insulin yang berfungsi mengatur kadar gula darah.

Nah, sel punca digadang-gadang bisa menjadi solusi diabetes masa depan.

Caranya, sel punca diubah menjadi sel beta untuk memproduksi lebih banyak insulin.

Baca juga: Sel Punca dan Metabolit Buatan Lokal, Terapi Tak Perlu ke Luar Negeri

Sayangnya, pemanfaatan sel punca masih jauh dari sempurna. Ketika ingin diubah menjadi sel beta, misalnya, kesalahan acak sering terjadi di mana sel punca malah berubah menjadi sel lainnya.

Meskipun tidak berbahaya, kesalahan ini mengurangi efektifitas terapi sel punca dalam mengobati diabetes.

Dalam studi baru yang dipublikasikan lewat jurnal Nature Biotechnology, tim peneliti yang dipimpin oleh Jeffrey Millman berhasil mengungkapkan metode baru mengubah sel punca yang dapat mengurangi kemungkinan sel punca meleset dari target.

Tim peneliti menarget sitoskeleton atau struktur yang memberi sel bentuknya. Dengan menarget sitoskeleton, tim peneliti bisa menghasilkan presentase sel beta yang lebih banyak dan berfungsi lebih baik.

Millman mengatakan, ini adalah pendeketan yang sangat berbeda, sangat berbeda dengan cara kami dulu melaksanakannya.

Baca juga: Diabetes Dapat Menyerang Usia Muda, Ini Penyebab dan Pencegahannya

"Sebelumnya, kami harus mengidentifikasikan berbagai protein dan faktor, dan membubuhkannya pada sel untuk melihat apa yang akan terjadi. Dengan semakin pahamnya kami akan sinyal-sinyal ini, kami mampu membuat proses ini semakin tidak acak," ujarnya.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Sumber New Atlas
Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X