Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sel Punca dan Metabolit Buatan Lokal, Terapi Tak Perlu ke Luar Negeri

Kompas.com - 27/02/2020, 12:16 WIB
Imamatul Silfia,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Pusat Produksi Sel Punca dan Produk Metabolit Nasional Universitas Indonesia meluncurkan produk unggulannya Medicel, Medipro, dan StemGrow.

Keunggulan dari Medicel ialah dapat mengatasi penyakit-penyakit terminal seperti patah tulang gagal sambung, defek tulang kritis, pengapuran sendi lutut (osteoarthritis), serta kelumpuhan akibat cedera saraf tulang belakang (spinal cord injury).

Produk lainnya adalah Medipro yang merupakan bahan baku sediaan obat dan farmasi, diisolasi dari produk metabolit sel punca.

Baca juga: Sel Punca, Jawaban untuk Pengobatan Penyakit Degeneratif Pada Lansia

Selain itu, kaya akan faktor pertumbuhan yang sangat bermanfaat dalam proses regenerasi dan rejuvenation sel dan jaringan.

Terakhir, ada StemGrow yang merupakan sediaan untuk mengatasi permasalahan kebotakan (alopecia) dan penuaan kulit (skin aging).

“Produk sel punca ini mendapat perhatian yang luar biasa karena dianggap memberikan kesempatan bagi Indonesia bisa menjadi pemain dalam skala besar,” ucap Bambang P.S. Brodjonegoro, Menteri Riset dan Teknologi/Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional, di acara Forum Diskusi: “Sinergi Triple Helix Bidang Kesehatan dan Obat” di Fakultas Kedokteran UI, Rabu (26/2/2020).

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com