Diabetes Dapat Menyerang Usia Muda, Ini Penyebab dan Pencegahannya

Kompas.com - 09/01/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi diabetes shutterstockIlustrasi diabetes

KOMPAS.COM - Fakta yang mengatakan diabetes adalah penyakit orang tua kini mulai bergeser. Bagaimana tidak, WHO mencatat jumlah penyandang diabetes di atas 18 tahun terus meningkat dari 4,7 persen menjadi 8,5 persen.

Apa itu diabetes? Apa penyebab seseorang mengalami diabetes?

Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh Anda. Glukosa berperan penting karena merupakan sumber energi bagi sel-sel yang akan membentuk otot dan jaringan di dalam tubuh.

Dilansir dari Mayoclinic (08/08/2018) , glukosa juga berperan sebagai sumber bahan bakar utama otak Anda.

Baca juga: Kata Sosiolog, Diabetes juga Penyakit Sosial, Kok Bisa?

Selain faktor genetik, penyebab yang mendasari diabetes memang bervariasi. Namun jika Anda memiliki banyak gula di dalam darah, maka Anda berisiko terkena diabetes.

Gula bukan hanya dihasilkan dari makanan manis, makanan berlemak dan tinggi karbohidrat juga dapat meningkatkan gula yang berisiko diabetes.

Pendiri komunitas Sobat Diabet, dr Rudy Kurniawan mengatakan bahwa jenis diabetes yang sering terjadi khususnya di usia muda adalah diabetes tipe satu dan tipe dua.

Baca juga: Benarkah Gula adalah Pemicu Utama Diabetes? Ini Kata Ahli

Perbedaan antara diabetes satu dan dua terletak pada insulin yang diproduksi oleh pankreas. Insulin adalah suatu hormon yang berfungsi untuk memastikan kadar gula di dalam tubuh Anda tetap pada batasan normal.

Pada diabetes tipe satu, kondisi pankreas di tubuh Anda tidak memiliki insulin.Sedangkan, pankreas yang dimiliki oleh penyandang diabetes tipe dua menghasilkan insulin, tetapi tidak bisa digunakan.

“Ibaratnya ada kunci ada gembok, insulin itu kuncinya, jika kunci dan gembok ada namun tidak bisa terbuka, maka itu tipe diabetes dua,” ujar Rudy saat ditemui pada acaa Sun Life Resolution Run 2020 di Jakarta (08/01/2020).

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X