Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diabetes Dapat Menyerang Usia Muda, Ini Penyebab dan Pencegahannya

Kompas.com - 09/01/2020, 12:03 WIB
Amalia Zhahrina,
Sri Anindiati Nursastri

Tim Redaksi

KOMPAS.COM - Fakta yang mengatakan diabetes adalah penyakit orang tua kini mulai bergeser. Bagaimana tidak, WHO mencatat jumlah penyandang diabetes di atas 18 tahun terus meningkat dari 4,7 persen menjadi 8,5 persen.

Apa itu diabetes? Apa penyebab seseorang mengalami diabetes?

Diabetes mellitus adalah penyakit yang disebabkan oleh kadar gula darah (glukosa) dalam tubuh Anda. Glukosa berperan penting karena merupakan sumber energi bagi sel-sel yang akan membentuk otot dan jaringan di dalam tubuh.

Dilansir dari Mayoclinic (08/08/2018) , glukosa juga berperan sebagai sumber bahan bakar utama otak Anda.

Baca juga: Kata Sosiolog, Diabetes juga Penyakit Sosial, Kok Bisa?

Selain faktor genetik, penyebab yang mendasari diabetes memang bervariasi. Namun jika Anda memiliki banyak gula di dalam darah, maka Anda berisiko terkena diabetes.

Gula bukan hanya dihasilkan dari makanan manis, makanan berlemak dan tinggi karbohidrat juga dapat meningkatkan gula yang berisiko diabetes.

Pendiri komunitas Sobat Diabet, dr Rudy Kurniawan mengatakan bahwa jenis diabetes yang sering terjadi khususnya di usia muda adalah diabetes tipe satu dan tipe dua.

Baca juga: Benarkah Gula adalah Pemicu Utama Diabetes? Ini Kata Ahli

Perbedaan antara diabetes satu dan dua terletak pada insulin yang diproduksi oleh pankreas. Insulin adalah suatu hormon yang berfungsi untuk memastikan kadar gula di dalam tubuh Anda tetap pada batasan normal.

Pada diabetes tipe satu, kondisi pankreas di tubuh Anda tidak memiliki insulin.Sedangkan, pankreas yang dimiliki oleh penyandang diabetes tipe dua menghasilkan insulin, tetapi tidak bisa digunakan.

“Ibaratnya ada kunci ada gembok, insulin itu kuncinya, jika kunci dan gembok ada namun tidak bisa terbuka, maka itu tipe diabetes dua,” ujar Rudy saat ditemui pada acaa Sun Life Resolution Run 2020 di Jakarta (08/01/2020).

Gejala, Pengobatan, dan Cara Mengatasi

Gejala awal diabetes terkadang memang sulit untuk dideteksi. Namun, Rudy mengungkapkan sejauh ini ada tiga gejala klasik diabetes yang sering disebut 3P, yaitu:

• Poliuri, yaitu kondisi sering buang air kecil dengan volume yang banyak
• Polidipsi, yaitu sering kali merasa haus dan ingin minum sebanyak-banyaknya, dan
• Polifagi, yaitu kondisi nafsu makan yang meningkat dan sering merasakan lapar.

Jika tiga hal tersebut terjadi bersamaan, maka diabetes sudah sedikit parah. Oleh karena itu, Rudy mengatakan perlunya melakukan cek gula darah.

Pengobatan untuk diabetes tipe satu akan diberikan insulin kepada penderitanya.

Lain halnya dengan tipe dua, Rudy menegaskan pengobatannya seperti memperbaiki gaya hidup dan mengkonsumsi obat yang diberikan. Jika diabetes yang diderita sudah cukup parah, maka akan ditambahi insulin seperti tipe satu.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com