Misteri Tubuh Manusia, Kenapa Kita Punya Sidik Jari?

Kompas.com - 18/02/2020, 08:03 WIB
Ilustrasi sidik jari ShutterstockIlustrasi sidik jari

KOMPAS.com - Sidik jari telah menjadi bagian dari identitas kita. Untuk menandai dokumen-dokumen penting, misalnya, Anda mungkin akan dimintai untuk membubuhkan cap ibu jari.

Namun, adakah fungsi selain identitas dari ibu jari? Apa alasan biologis kita memilikinya?

Dilansir dari Live Science, 21 Desember 2019, ada dua dugaan besar akan fungsi biologis dari ibu jari.

Pertama adalah meningkatkan kemampuan kita untuk memegang sesuatu.

Sebagaimana ban mobil memiliki kembang untuk meningkatkan gripnya di jalan, para ahli berpendapat bahwa tonjolan-tonjolan sidik jari meningkatkan friksi antara tangan kita dan permukaan yang kita sentuh.

Baca juga: Ilmuwan Kembangkan Tes Kanker lewat Sidik Jari

Untuk menyelidiki teori ini, Roland Ennos yang merupakan seorang peneliti biomekanik di University of Hull melakukan penelitian di laboratorium.

Caranya dengan menggeserkan kaca akrilik pada jari-jari manusia dengan berbagai tekanan. Ennos dan timnya ingin mengetahui berapa banyak area jari yang menempel pada kaca.

Hasilnya, sidik jari ditemukan malah mengurangi friksi karena tonjolan pada ibu jari membuat lekukan di antaranya tidak menyentuh kaca.

Meski demikian, Ennos berpendapat bahwa temuan ini tidak serta merta menggagalkan teori bahwa sidik jari meningkatkan pegangan. Keberadaan sidik jari mungkin berguna ketika kondisinya sedang basah. Akan tetapi, ide ini lebih sulit untuk diuji di laboratorium.

Sementara itu, teori kedua menduga bahwa sidik jari membantu meningkatkan persepsi sentuhan kita.

Baca juga: Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X