Minyak Bulus, Bisakah Perbesar Payudara? Ini Penjelasan Ahli

Kompas.com - 17/02/2020, 20:03 WIB
Bulus atau penyu air tawar (Apalone spinifera), konsentrat dari hewan ini dibuat minyak, yakni minyak bulus. Bulus atau penyu air tawar (Apalone spinifera), konsentrat dari hewan ini dibuat minyak, yakni minyak bulus.


KOMPAS.com - Bulus atau penyu air tawar, konsentrat minyaknya dibuat minyak bulus. Pemijatan dan olesan minyak bulus sering dijadikan cara untuk memperbesar payudara.

Namun, hal ini justru dibantah ahli medis, bahwa kedua tindakkan itu tidak ada pembuktiannya dalam memperbesar payudara.

"Sampai sekarang tidak ada evidence-based (bukti ilmiah) pijat dan oles minyak itu bikin besar payudara," kata Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan, Dr dr Kanadi Sumapraja SpOG-KFER MSc, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Baca juga: Mitos atau Fakta, Minyak Bulus Bisa Bantu Perbesar Payudara?

Namun, diakui Kanadi, pemijatan pada payudara memang akan membuat payudara tampak lebih besar sesaat.

Hal itu dikarenakan, pada saat pemijatan di sekitar payudara tersebut akan menstimulus atau merangsang syaraf yang ada menjadi lebih kencang.

Dengan pemijatan tersebut, membuat organ payudara ini tampak seperti lebih besar daripada sebelumnya.

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X