Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serba Serbi Hewan, Koala Juga Punya Sidik Jari Mirip Manusia

Kompas.com - 27/04/2019, 17:03 WIB
Gloria Setyvani Putri

Penulis

KOMPAS.com - Selain manusia, koala juga memiliki sidik jari identik. Seandainya ada polisi koala, mereka pasti dapat menangkap pelaku kejahatan dengan cepat.

Untuk diketahui, koala bukan satu-satunya non manusia yang memiliki sidik jari. Simpanse dan gorila juga memiliki pola khas pada jari mereka.

Hal menarik dari sidik jari hewan marsupial seukuran boneka ini adalah mereka mengembangkan keistimewaan itu secara independen.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Bisakah Buaya Memanjat Pohon? Ini Kata Ahli

Kisahnya begini, pohon kehidupan evolusi primata dan leluhur koala modern bercabang 70 tahun lalu. Para ahli berpikir bahwa sidik jari yang dimiliki koala berevolusi terakhir, karena kerabat terdekat mereka seperti kanguru dan wombat tidak memilikinya.

Selama berabad-abad para ahli anatomi memperdebatkan fungsi sidik jari koala.

Menurut tim ahli anatomi dari Universitas Adelaide, Australia yang menemukan sidik jari koala pada 1996, pola khas itu membantu koala dalam menggenggam makanan dan mengontrol gerakan.

"Koala mencari makan dengan memanjat pohon secara vertikal dan menuju cabang pohon eucalyptus berukuran kecil. Mereka menjangkau, memetik, menggenggam daun, kemudian memasukkannya ke dalam mulut," tulis para ilmuwan saat itu seperti dilansir Live Science, (3/5/2011).

"Oleh sebab itu, sidik jari pada koala adalah hasil adaptasi biomekanik untuk menggenggam makanan dan memengaruhi mekanis multi arah pada kulit. Kekuatan pada sidik jari dapat mengontrol gerakan dan tekanan statis yang baik," imbuh ahli.

Baca juga: Serba Serbi Hewan: Gajah dan Manusia Siapa Paling Jago Renang?

Kemampuan ini sama seperti fungsi sidik jari pada manusia, yakni untuk memberi gaya gesek lebih besar agar jari dapat memegang benda-benda lebih erat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com