Kebun Raya Bogor Diusulkan Jadi Situs Warisan Dunia, Ini Alasannya

Kompas.com - 15/02/2020, 18:34 WIB
Salah satu koleksi langka bunga bangkai jenis Amorphopalus gigas tengah mekar sempurna di Kebun Raya Bogor, Senin (7/10/2019). KOMPAS.COM/RAMDHAN TRIYADI BEMPAHSalah satu koleksi langka bunga bangkai jenis Amorphopalus gigas tengah mekar sempurna di Kebun Raya Bogor, Senin (7/10/2019).

KOMPAS.com - Kebun Raya Bogor dalam perawatan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) tengah diusulkan untuk ditetapkan sebagai Situs Warisan Dunia (World Heritage Site) UNESCO.

Inisiasi ini telah dimulai sejak 25 September 2017 yang lalu, dan sudah dinyatakan bahwa Kebun Raya Bogor dan Kawasan Kota Tua Yogyakarta masuk ke dalam list (daftar) tentatif dari UNESCO.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Dr R Hendrian MSc, optimis bahwa Kebun Raya Bogor bisa menjadi salah satu nominasi yang disetujui masuk warisan dunia ini.

Hanya saja, target awalnya pada dua tempat yang diusulkan ini adalah melakukan submit pada bulan Februari 2020.

Baca juga: Kepala LIPI: Kebun Raya adalah Platform Riset

Namun,target itu harus ditunda karena perlu dilengkapi dulu kekurangan yang diminta oleh UNESCO.

Kini, target submit menjadi September 2020 mendatang.

"Kita sudah masuk list tentatif UNESCO, tapi kita harus melakukan penyempurnaan dulu, harus dilengkapi dokumen yang kurang," kata Hendrian dalam acara bertajuk 500 Tahun Spirit Konservasi Tumbuhan: Batutulis Hingga Kebun Raya Bogor, Jakarta, Jumat (14/2/2020).

Optimisme yang diyakini oleh Hendrian adalah karena Kebun Raya Bogor memiliki histori yang sangat bernilai, terutama dalam perkembangan ilmu sains di Indonesia bahkan dunia.

Dahulu, seluruh tanaman berupa sayuran dan buah dari Eropa akan dikembangkan di Kebun Raya Bogor terlebih dahulu sebelum disebarkan kepada masyarakat.

Baca juga: Bunga Bangkai Langka Asli Indonesia Mekar di Kebun Raya Bogor

"Itulah sayuran dan tumbuhan yang bisa kita jumpai sekarang, dari penelitian di Kebun Raya oleh peneliti dulu," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X