Bunga Bangkai Langka Asli Indonesia Mekar di Kebun Raya Bogor

Kompas.com - 04/01/2020, 10:26 WIB
Bunga bangkai (Amorphophallus titanum) mekar di Auckland, Selandia Baru, Rabu (17/6). Ribuan pengunjung mengantre untuk melihat dan berfoto dengan bunga asal Indonesia ini. Nina Susilo/KompasBunga bangkai (Amorphophallus titanum) mekar di Auckland, Selandia Baru, Rabu (17/6). Ribuan pengunjung mengantre untuk melihat dan berfoto dengan bunga asal Indonesia ini.

KOMPAS.com - Bagi Anda yang pencinta bunga dan bingung akhir pekan ini mau ke mana, berkunjung ke Kebun Raya Bogor mungkin bisa jadi pilihan. Pasalnya, bunga bangkai Amorphophallus titanum siap mekar di sana.

Dari pemantauan terakhir, tinggi bunga mencapai 194 centimeter dan diperkirakan akan mekar pada hari Sabtu ini, 4 Januari 2020. Mekarnya bunga hanya akan bertahan hingga seminggu ke depan.

Bunga Bangkai atau Amorphophallus titanum sendiri merupakan tumbuhan asli Indonesia. Populasinya hanya ditemukan di hutan-hutan Sumatera.

Sayang, pada saat ini habitatnya di alam banyak mendapat tekanan dan gangguan dari pengambilan ilegal di hutan, kerusakan habitat, dan penurunan jumlah serangga penyerbuk serta binatang penebar biji.

Baca juga: Bunga Bangkai Raksasa Khas Indonesia Mekar di Washington

Alhasil, Amorphophallus titanum pun masuk dalam kategori tumbuhan langka berdasarkan klasifikasi dari International Union for Conservation of Nature (IUCN) dan keberadaannya dilindungi dengan Peraturan Pemerintah Nomor 7 tahun 1999.

Disampaikan oleh peneliti bunga bangkai Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, Dian Latifah, berikut adalah fakta-fakta menarik tentang bunga bangkai Amorphophallus titanum

1. Termasuk suku talas-talasan

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI, R Hendrian mengatakan bahwa bunga bangkai termasuk suku talas-talasan (Araceae) sehingga memiliki umbi. Umbinya sendiri berukuran raksasa, bahkan beratnya dapat mencapai 117 kilogram.

“Umbi dari individu yang akan mekar ini diperoleh dari kerjasama LIPI dengan Kebun Raya Liwa, Lampung,” ujarnya.

2. Berbeda dengan bunga Rafflesia

Halaman:


25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X