Kanker Langka Ditemukan pada Ekor Dinosaurus Berusia 66 Juta Tahun

Kompas.com - 13/02/2020, 20:03 WIB
Lesi tumor (kanker) ditemukan pada fosil ekor dinosaurus berusia 66 juta tahun. sciencealertLesi tumor (kanker) ditemukan pada fosil ekor dinosaurus berusia 66 juta tahun.

KOMPAS.com - Keberadaan kanker ternyata sudah ada jauh lebih lama dari yang pernah diperkirakan sebelumnya. Bukti ini berdasarkan pada studi yang dilakukan pada fosil dinosaurus berusia 66 juta tahun.

Peneliti menemukan ada sesuatu yang aneh pada hadrosaur muda, dinosaurus herbivora berparuh bebek ini mati jutaan tahun lalu. Namun, mereka tidak mengetahui penyebab kematian binatang purba ini.

Dari 11 segmen tulang ekor yang tersisa, delapan di antaranya menunjukkan berbagai kondisi patologis yang belum pernah terlihat pada dinosaurus lain.

"Ada rongga besar di dua segmen vertebrata tersebut," jelas ahli anatomi evolusi Hila May dari Tel Aviv University di Israel.