Karnivora Ganas ini, Spesies Dinosaurus Baru dari Zaman Jurassic

Kompas.com - 28/01/2020, 19:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

Sumber Sci-News

KOMPAS.com - Salah satu jenis Allosauridae, sekelompok dinosaurus karnivora bertubuh kecil yang ditemukan pada 1990 lalu dinobatkan jadi spesies baru.

Spesies baru dinosaurus karnivora theropoda ini telah diidentifikasi dari sisa-sisa fosil yang ditemukan di timur laur Utah dan Wyoming, Amerika Serikat.

Melansir Sci News, Selasa (28/1/2020), dinosaurus Allosauridae atau Allosaurus adalah spesies dinosaurus pemakan daging bertubuh kecil yang hidup selama periode Jurassic dan Cretaceous.

Allosaurus jimmadseni, spesies dinosaurus baru ini mendiami dataran banjir di Amerika Utara bagian barat selama periode Jurassic.

Baca juga: Temuan Fosil di Colorado, Bukti Nyata Mamalia Gantikan Era Dinosaurus

Makhluk kuno tersebut memiliki panjang 8 hingga 9 meter atau sekitar 26 hingga 29 kaki, dengan berat sekitar 1,8 metrik ton.

Kaki dan ekornya relatif panjang, demikian juga dengan lengannya. Dinosaurus ini juga memiliki tiga cakar yang tajam.

Spesies Allosaurus tertua

Pada 155 juta tahun, Allosaurus jimmadseni secara geologis adalah spesies tertua, sebelum Allosaurus fragilis yang lebih populer.

Ada sejumlah ciri unik yang membedakan Allosaurus jimmadseni ini dengan Allosaurus lainnya.

Di antaranya jambul pendek memanjang ke moncong di antara mata dan punggung tengkorak yang relatif sempit dengan permukaan rata di bagian bawah tengkorak atas di bawah mata.