Dijuluki Si Dewa Kematian, Dinosaurus ini Masih Sepupu T-Rex

Kompas.com - 11/02/2020, 18:33 WIB
Ilustrasi dinosaurus karnivora, keluarga tyrannosaurus (T-Rex) Ilustrasi dinosaurus karnivora, keluarga tyrannosaurus (T-Rex)

KOMPAS.com - Fosil tulang dinosaurus yang masih satu spesies dengan Tyrannosaurus Rex ( T-Rex) diketahui milik Thanatotheristes degrootorum.

Nama dinosaurus ini diambil dari dari Thanatos yang merupakan nama dewa kematian dalam mitologi Yunani.

Fosil- fosil dari sepupu T-Rex yang baru ditemukan ini merupakan spesies dinosaurus pemakan daging yang kejam dengan gigi bergerigi dan berwajah monster.

Tak heran jika kemudian para ilmuwan menamai dinosaurus ini Reaper of death, setelah ditemukan di Alberta, Kanada.

Baca juga: Karnivora Ganas ini, Spesies Dinosaurus Baru dari Zaman Jurassic

Tengkorak dan bagian rahang dinosaurus ini ditemukan oleh suami istri dari Kanada, John dan Sandra De Groot dari Hays, Alberta, pada 2010 lalu.

Fosil ini ditemukan di tepi laut, pada muara Sungai Bow di Alberta Selatan. Sedangkan tengkorak lainnya ditemukan tak jauh dari lokasi sebelumnya.

Pada usia 79,5 juta tahun, Thanatotheristes degrootorum tercatat menjadi Tyrannosaurus tertua dari Amerika Utara, dengan wilayah yang mencakup Kanada dan bagian utara Amerika Serikat.

Bahkan, dinosaurus ini merupakan spesies Tyrannosaurus yang sebelumnya tidak diketahui, saat kali pertama ditemukan di Kanada dalam 50 tahun ini.