Ilmu Fisika Dibalik Rahasia Lezat Nasi Goreng ala Koki, Ini Tekniknya

Kompas.com - 13/02/2020, 12:03 WIB
Ilustrasi koki menerapkan ilmu fisika saat memasak untuk menciptakan hidangan lezat, seperti nasi goreng dan tumis. Ilustrasi koki menerapkan ilmu fisika saat memasak untuk menciptakan hidangan lezat, seperti nasi goreng dan tumis.


KOMPAS.com - Nasi goreng adalah masakan Asia yang sangat populer di dunia, bahkan merupakan sajian yang cukup tua di benua ini. Untuk membuat nasi goreng yang lezat ala koki, ilmuwan menyarankan untuk menggunakan ilmu fisika.

Lalu, seperti apa teknik rahasia yang digunakan para koki ini?

Di beberapa restoran makanan China, koki biasanya akan melemparkan nasi goreng dari wajan ke udara, sebelum menangkapnya kembali.

Seperti dilansir dari Science News, Rabu (12/2/2020), para ilmuwan telah menganalisa gerakan yang digunakan koki untuk melemparkan makanan ke udara selama memasak.

Baca juga: Ini Alasan Stephen Hawking Tak Pernah Dapat Nobel Fisika Semasa Hidup

Hasil analisa para ilmuwan menunjukkan adanya model matematika dalam gerakan kinetik yang dilakukan oleh koki saat melempar nasi goreng, yang kemudian gerakan ini disebut dengan kinematika.

Sebab, sangat penting melempar nasi dan bahan-bahan makanan untuk dimasak pada susu tinggi tanpa terbakar, untuk mendapat masakan terlezat.

Untuk membuktikan teknik para koki ini benar-benar dapat membuat makanan yang lezat dengan melemparnya ke udara, para ilmuwan mengamati video lima koki di restoran China.

Para fisikawan telah menganalisa gerakan berulang yang digunakan koki saat melempar nasi. Koki-koki ini membuat gerakan tertentu yang diulang sekitar tiga kali per detik.

Baca juga: Demi Pancake yang Sempurna, Ilmuwan Gunakan Konsep Fisika

Penelitian ini dilaporkan para peneliti dalam Journal of the Royal Society Interface. Dalam penelitian itu mengungkapkan kinematika yang diterapkan koki saat memasak.

Dengan menggunakan model ini, peneliti memberi peringkat semua kemungkinan kinematika dalam tiga metrik, yakni proporsi nasi yang dilemparkan, ketinggian terbangnya, dan perpindahan sudut nasi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X