Kompas.com - 11/03/2018, 19:35 WIB

KOMPAS.com - Beberapa waktu yang lalu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Jakarta berpotensi terus menerus terdampak gempa dari patahan di sekitarnya.

Beberapa diskusi dilakukan oleh BMKG dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta untuk membahas hal ini. Bahkan, BMKG sempat mengadakan Sarasehan Ikatan Alumni Akademi Meteorologi dan Geofisika (IKAMEGA) yang bertajuk "Gempabumi Megathrust Magnitudo 8.7, Siapkah Jakarta?" pada Kamis (01/03/2018).

Acara ini bertujuan agar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mampu mempersiapkan diri untuk menghadapi gempa yang mungkin terjadi. Apalagi dalam prediksinya, gempa yang terjadi di sekitar Jakarta tersebut berkisar antara magntudo 6 hingga 8,7.

Baca juga: Mungkinkah Ada Sesar Sumber Gempa di Bawah Tanah Jakarta?

Sumber Gempa

Sayangnya, acara tersebut disimpulkan kurang tepat oleh sebagian masyarakat. Banyak orang mengira potensi gempa tersebut akan terpusat di bawah perut Jakarta.

Menanggapi hal ini, Abdul Muhari, Chairman Sentinel Asia Tsunami Working dalam opininya di Harian Kompas, Jumat (09/03/2018) menyebut pendapat tersebut perlu diluruskan.

"Sampai saat ini belum ada satu kajian ilmiah pun yang menyatakan terdapat sumber gempa atau sesar aktif di bawah Jakarta atau yang melewati Jakarta," tulis Abdul.

Abdul juga menjelaskan bahwa jika sumber gempa yang dimaksud oleh prediksi BMKG tersbeut adalah megathrust atau sumber gempa besar di selatan Banten, Jaawa Barat, maka yang lebih membutuhkan antisipasi adalah kawasan pesisir provinsi tersebut.

"Lagi pula, untuk Jakarta, sampai saat ini belum ada kajian mikrozonasi atau dampak gempa dalam skala detail dari megathrust selatan Jawa atau Selat Sunda terhadap Ibu Kota," tulisnya.

"Dengan demikian, pertanyaannya, kita sedang membicarakan ancaman gempa dengan karakteristik apa?" imbuh Abdul.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.