Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Banten, Mungkinkah Gempa Aceh 2004 Terulang?

Kompas.com - 24/01/2018, 21:05 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber

KOMPAS.com - Selasa (23/01/2018) siang lalu, gempa cukup keras membuat warga Jakarta, Banten, dan sekitarnya berhamburan ke luar rumah dan kantor. Gempa berkekuatan M 6,1 itu berpusat di Samudera Hindia sebelah sebelah barat daya Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Diperkirakan pusat gempa ini berada di kedalaman 61 kilometer di bawah laut. Selain itu, pusat gempa berjarak 67 kilometer arah barat daya Sukabumi.

Gempa ini menandai aktifnya zona tektonik di kawasan tersebut.

Dampak Gempa Cukup Luas

Gempa yang terjadi pada pukul 13.34 WIB ini juga menjadi peringatan kesiapsiagaan terhadap gempa karena dampaknya bisa mencapai Jakarta, sekitar 140 kilometer dari pusat gempa.

Baca juga: Gempa Susulan Banten Sudah 46 Kali, Salah Satunya Bermagnitudo 5,1

Daryono, Kepala Bidang Informasi Gempa Bumi dan Peringatan Dini Tsunami BMKG, menyebut bahwa berdasarkan kedalaman sumber dan dampaknya, gempa ini diduga terjadi di intraslab atau dalam Lempeng Eurasia yang tertekan pergerakan Lempeng Indo-Australia.

"Ciri gempa intraslab menciptakan dampak guncangan cukup kuat. Gempa di zona ini seperti yang terjadi di Tasikmalaya pada 15 Desember 2017," ujar Daryono dilansir dari Kompas.id, Rabu (24/01/2018).

Hal itulah yang menyebabkan meski gempa tersebut berkekuatan kecil namun dampaknya cukup luas. Selain itu, saat dihubungi Kompas.com melalui pesan singkat pada Selasa (23/01/2018), Daryono mengibaratkan dampak gempa seperti kerucut terbalik.

"Analoginya seperti kerucut yang terbalik, semakin dalam pusat gempa, maka wilayah yang terkena dampaknya akan semakin luas. Tetapi, kekuatannya berkurang seiring cakupan wilayahnya yang luas. Gempa itu merembet melalui kerak bumi, gempa tadi juga sampai ke Yogyakarta dan Lampung," kata Daryono.

Setara Gempa Aceh

Gempa kemarin juga menandai aktivitas zona tektonik di selatan Jawa yang kian meningkat. Hal ini ditegaskan oleh Irwan Meilano, ahli geodesi kebumian di Institut Teknologi Bandung (ITB).

Peningkatan aktivitas ini terutama terdeteksi setelah gempa bermagnitudo &,8 yang memicu tsunami di Pangandara pada 2006. Selanjutnya, aktivitas terus terjadi seperti gempa berkekuatan M 7,3 dan M 6,9 di selatan tasikmalaya pada 2009.

"Kami belum tahu kenapa ada peningkatan aktivitas di zona ini. Namun, dugaan kami ini bukan melepas energi sehingga mengurangi risiko gempa besar di Zona Megathrust selatan Selat Sunda-Selatan Jawa," kata Irwan.

Baca juga: Cara Melindungi Diri Saat Berada di Gedung Tinggi dan Terjadi Gempa

Danny Hilman Natawidjaya, ahli gempa bumi dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), juga mengkhawatirkan makin aktifnya zona tektonik di selatan Jawa tersebut.

"Meskipun lokasi sumber gempanya berbeda-beda, kalau dari aspek mitigasi bencana, yang harus paling diperhitungkan yang Megathrust selatan Jawa," ungkap Danny.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com