Gempa Megathrust Selatan Jawa, Guncangannya Bisa Merusak Jakarta

Kompas.com - 28/02/2018, 19:15 WIB
Gempa bumi. ShutterstockGempa bumi.

JAKARTA, KOMPAS.com - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa Jakarta berpotensi terus menerus terdampak gempa dari patahan di sekitarnya.

Untuk itu, pemerintah DKI Jakarta diminta kesiapannya supaya dampak bencana tersebut bisa lebih ditekan. Mitigasi bencana perlu dilakukan. 

Hal ini disampaikan Dwikorita Karnawati, Kepala BMKG Pusat dalam acara diskusi antara BMKG dengan Wakil Gubernur DKI Jakarta di Jakarta, pada Rabu (28/2/2018).

"Apapun kajian para pakar, gempa masih akan terus terjadi di ibu kota. Namun yang belum bisa dipastikan adalah kapan gempa itu terjadi dan berapa kekuatannya" kata Dwikorita.

"Persepsi Jakarta aman gempa keliru. Gempa Lebak dengan magnitudo 6,1 pada 23 Januari 2018, getarannya juga dirasakan di Jakarta. Intensitasnya saja mencapai V-VI MMI," imbuhnya.

Menurut Dwikorita, Gempa bersumber dari patahan di sekitar jakarta bisa berkisar antara magnitudo 6 hingga 8,7.

Sumber gempa bukan hanya sesar daratan tetapi juga subduksi di lautan. Jakarta juga bisa terdampak megathrust selatan Jawa yang berpotensi terjadi.

"Gempa efek Lebak yang lalu, itu baru 1/10 dari kekuatan gempa yang diperkirakan magnitudonya 8,7 SR. Bagaimana kalau gempa megathrust?" ungkapnya.

Peneliti gempa BMKG, Daryono, mengatakan bahwa jika gempa megathrust selatan Jawa terjadi, guncangan akibat gempa di jakarta bisa mencapai 7 MMI.

Baca juga : Gempa Bumi, Mungkinkah Diprediksi?

"Itu berarti berpotensi merusak," katanya.

Besarnya guncangan salah satunya dipengaruhi oleh tanah lunak di Jakarta. Di tanah lunak, gelombang gempa teramplifikasi. Akibatnya guncangannya lebih tinggi.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X