Kompas.com - 10/11/2017, 17:30 WIB
Nathan Chetcuti digigit ular taipan pedalaman peliharaannya Nathan Chetcuti, FacebookNathan Chetcuti digigit ular taipan pedalaman peliharaannya
|
EditorYunanto Wiji Utomo

KOMPAS.com - Ular merupakan hewan yang ditakuti oleh banyak orang. Namun tidak untuk Nathan Chetcuti, seorang remaja peternak ular di Australia.

Remaja ini memelihara seekor ular taipan pedalaman (Oxyuranus microlepidotus), salah satu ular paling berbisa di dunia.

Dilansir dari Fox News, Kamis (9/11/2017) ular ini justru menyerang pemiliknya sendiri. Nathan pun harus dilarikan ke rumah sakit dan berjuang untuk hidupnya.

Namun, apa yang membuat ular inland taipan begitu berbahaya?

"Ular taipan pedalaman adalah spesialis mamalia. Ia memakan mamalia hampir secara eksklusif, yang sangat jarang terjadi," kata David Penning, seorang ahli biologi dan ahli ular dari Missouri Southern State University dikutip dari Livescience, Kamis (9/11/2017).

Baca juga: Mengapa Manusia Takut Laba-laba dan Ular? Peneliti Ungkap Asal-usulnya

Penning juga mengatakan, "Sebagai hasil dari spesialisasi ini, racun ular taipan pedalaman berevolusi menjadi sangat mematikan bagi semua jenis mamalia, termasuk manusia."

Salah satu alasan racun ular sangat kuat adalah penggabungan beberapa komponen beracun yang mulai memengaruhi tubuh manusia segera setelah memasuki sistem orang tersebut.

"Racunnya sendiri kaya akan berbagai jenis sifat racun, termasuk neurotoksin dan hemotoksin yang menyerang tubuh dalam beberapa tingkat," lanjut Penning.

Neurotoksin mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengendalikan tubuhnya. Saat seseorang digigit ular ini, maka dia akan mengalami gejala seperti meracau, kejang, sulit bernapas, hingga kehilangan kemampuan menegndalikan tubuh.

Sedangkan hemotoksin akan mempengaruhi kemampuan darah untuk menggumpal, menyebabkan pendarahan internal, hingga kerusakan organ.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.