Kisah Nyata dari Thailand, Lipan Raksasa Memangsa Ular

Kompas.com - 30/10/2017, 07:06 WIB
Lutfy Mairizal Putra

Penulis

KOMPAS.com –- Saling memangsa bukanlah fenomena yang aneh di dunia hewan. Hal itu diperlukan untuk tetap bertahan hidup dan meneruskan proses evolusi.

Namun, pernahkah Anda melihat lipan raksasa bertarung dengan ular?

Tim ahli biologi dari Stasiun Penelitian Lingkungan Sakaerat Thailand mendapati pertarungan langka antara lipan raksasa (Scolopendra dawydoffi) yang banyak ditemukan di Asia Tenggara dan ular berkepala hitam segitiga (Sibynophis triangularis).

Michele Chiacchio, Bartisz Stanislaw Nadolski, Ponghtep Suwanwaree, dan Surachit Waengsothorn merekam peristiwa itu secara kebetulan di hamparan daun kering pada semak belukar di tengah hutan.

Baca juga : Kisah Hewan-hewan yang Menantang Maut Melawan Ular dan Akhirnya Menang

Seperti diwartakan Science Alert pada Kamis (26/10/2017), ular sebetulnya bukanlah makanan pokok lipan. Ia lebih suka memakan serangga, merkipun telah kedapatan melumat berbagai vertebrata, seperti bayi tikus, kadal, kelelawar dan burung.

Dalam peristiwa ini, si lipan memiliki keuntungan lebih dibanding ular. Pasalnya, ular betina tersebut tengah bertelur dan tak punya kesempatan untuk melarikan diri.

"Lipan itu ditemukan sudah membungkus seluruh tubuh ular, yang tertangkap saat masih mengeluarkan telur. Tiga telur sudah dikeluarkan, tetapi dua lainnya tampaknya masih berada di dalam tubuhnya," tulis para peneliti yang dalam publikasinya di Journal of Insect Behavior edisi September 2017 Volume 30.

Untuk mengamankan mangsanya, lipan menggunakan cakar yang juga berfungsi sebagai kaki. Ia menusukkan bisa dengan senjata khas lipan yang disebut dengan forcipelus.