Kenaikan Permukaan Laut di Atlantik pada Abad 18, Inikah Penyebabnya

Kompas.com - 01/03/2020, 19:03 WIB


KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan fakta unik tentang kenaikan permukaan laut yang sangat cepat di sepanjang pantai Atlantik di Amerika Utara di abad ke-18.

Dalam sebuah studi menemukan bukti kenaikan permukaan laut itu terjadi pada masa pra industri pada abad ke-18 yang meningkat hampir secepat yang terjadi di abad ke-20.

Melansir Science Daily, Minggu (1/3/2020), studi ini dipimpin para peneliti di University of York. Untuk periode kenaikan permukaan laut pra-industri ditingkatkan sekitar dua hingga tiga milimeter per tahun di tiga lokasi.

Di antaranya di Nova Scotia, Maine dan Connecticut. Menurut bukti penelitian, ketiga lokasi ini terjadi secara alami.

Baca juga: Ikan Atlantik Punya Seribu Wajah sebab Bisa Melihat dengan Kulitnya

Sebagian kenaikan permukaan laut terkait dengan Osilasi Atlantik Utara dan pada periode pencairan es yang meningkat di Kutub Utara.

Osilasi Atlantik Utara, yakni tekanan atmosfer skala besar di wilayah Atlantik Utara.

Para peneliti mengatakan kota-kota seperti New York dan Boston harus mempertimbangkan variabilitas alami ini dalam perencanaan untuk mengantisipasi kenaikan permukaan laut di masa depan.

Temuan ini berdasarkan pada rekonstruksi permukaan laut yang berasal dari sedimen rawa-rawa yang ada di pantai Atlantik, serta fosil rawa mikroskopis.

Baca juga: Ahli: Permukaan Laut Tetap Naik Dramatis Meski Gas Rumah Kaca Dibatasi

Sementara, pada studi sebelumnya menunjukkan sejak tahun 1950-an, tingkat kenaikan permukaan laut di sepanjang pantai Atlantik di Amerika Utara terjadi lebih cepat dari rata-rata global.

Wilayah ini, kemudian dikenal sebagai hotspot kenaikan permukaan air laut.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.