Kenaikan Permukaan Laut di Atlantik pada Abad 18, Inikah Penyebabnya

Kompas.com - 01/03/2020, 19:03 WIB
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Penulis

KOMPAS.com - Para ilmuwan menemukan fakta unik tentang kenaikan permukaan laut yang sangat cepat di sepanjang pantai Atlantik di Amerika Utara di abad ke-18.

Dalam sebuah studi menemukan bukti kenaikan permukaan laut itu terjadi pada masa pra industri pada abad ke-18 yang meningkat hampir secepat yang terjadi di abad ke-20.

Melansir Science Daily, Minggu (1/3/2020), studi ini dipimpin para peneliti di University of York. Untuk periode kenaikan permukaan laut pra-industri ditingkatkan sekitar dua hingga tiga milimeter per tahun di tiga lokasi.

Di antaranya di Nova Scotia, Maine dan Connecticut. Menurut bukti penelitian, ketiga lokasi ini terjadi secara alami.

Baca juga: Ikan Atlantik Punya Seribu Wajah sebab Bisa Melihat dengan Kulitnya

Sebagian kenaikan permukaan laut terkait dengan Osilasi Atlantik Utara dan pada periode pencairan es yang meningkat di Kutub Utara.

Osilasi Atlantik Utara, yakni tekanan atmosfer skala besar di wilayah Atlantik Utara.

Para peneliti mengatakan kota-kota seperti New York dan Boston harus mempertimbangkan variabilitas alami ini dalam perencanaan untuk mengantisipasi kenaikan permukaan laut di masa depan.

Temuan ini berdasarkan pada rekonstruksi permukaan laut yang berasal dari sedimen rawa-rawa yang ada di pantai Atlantik, serta fosil rawa mikroskopis.