Pertama Kalinya, Astronom Gunakan Gelombang Radio Deteksi Exoplanet

Kompas.com - 01/03/2020, 13:03 WIB
HAT-P-26b exoplanet seukuran Neptunus yang terletak pada jarak 430 tahun cahaya dari Bumi. Exoplanet ini mengorbit bintang yang usianya dua kali lipat Matahari kita. NASA/GSFCHAT-P-26b exoplanet seukuran Neptunus yang terletak pada jarak 430 tahun cahaya dari Bumi. Exoplanet ini mengorbit bintang yang usianya dua kali lipat Matahari kita.

KOMPAS.com - Astronom seolah tak hilang akal untuk bisa menemukan keberadaan exoplanet dan untuk pertama kalinya mereka gunakan gelombang radio untuk menemukannya.

Melansir Science Alert, Minggu (1/3/2020), metode baru untuk menemukan exoplanet ini, terinspirasi dari aurora Jupiter.

Aktivitas gelombang radio dari bintang, yang disebut GJ 1151, dikaitkan dengan interaksi medan magnet bintang dan orbit planet. Seperti medan magnet Jupiter yang diketahui berinteraksi dengan bulan planet ini, Io.

Menurut mereka, ini adalah metode yang dapat membantu menemukan lebih banyak exoplanet atau planet di luar tata surya seperti Merkurius, Venus, Bumi dan Mars yang selama ini sulit ditemukan.