Peneliti Temukan Gelembung Es, Bisakah Ungkap Kehidupan di Exoplanet?

Kompas.com - 10/02/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari. NASAIlustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari.

KOMPAS.com - Peneliti menemukan kehidupan mikroskopis pada sebuah gelembung es yang mudah terbakar. Gelembung ini mungkinkah dapat menjadi kunci untuk mengetahui kehidupan di exoplanet?

Dalam mempelajari es yang yang mudah terbakar, para peneliti telah menemukan gelembung mikroskopos dalam materi aneh yang mengandung kehidupan di dalamnya.

Temuan ini, seperti melansir dari Space, Sabtu (8/2/2020), diklaim dapat mengonfirmasi kehidupan di luar Bumi.

Es yang mudah terbakar atau metana hidrat, dibuat ketika has metana terperangkap dalam struktur molekul es.