Peneliti Temukan Gelembung Es, Bisakah Ungkap Kehidupan di Exoplanet?

Kompas.com - 10/02/2020, 09:03 WIB
Ilustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari. NASAIlustrasi tujuh exoplanet yang mengorbit bintang TRAPPIST-1. Tiga planet pertama terlalu panas dan planet terjauh terlalu dingin. Tapi tiga planet di orbit tengah kemungkinan memiliki suhu ideal untuk air dalam bentuk cari.


KOMPAS.com - Peneliti menemukan kehidupan mikroskopis pada sebuah gelembung es yang mudah terbakar. Gelembung ini mungkinkah dapat menjadi kunci untuk mengetahui kehidupan di exoplanet?

Dalam mempelajari es yang yang mudah terbakar, para peneliti telah menemukan gelembung mikroskopos dalam materi aneh yang mengandung kehidupan di dalamnya.

Temuan ini, seperti melansir dari Space, Sabtu (8/2/2020), diklaim dapat mengonfirmasi kehidupan di luar Bumi.

Es yang mudah terbakar atau metana hidrat, dibuat ketika has metana terperangkap dalam struktur molekul es.

Baca juga: Exoplanet dengan Lautan Magma Bisa Memakan Langit Sekitarnya

Lapisan gas dan es beku ini mengandung gelembung minyak dan air mikroskopis.

Dalam sebuah studi baru menjelaskan para ilmuwan mempelajari es yang mudah terbakar di Laut Jepang dan menemukan makhluk hidup mikroskopis di dalam gelembung-gelembung kecil.

Temuan itu berasal dari studi kyang dilakukan Profesor Ryo Matsumoto dari Meji University di Jepang.

Penelitian ini sendiri bertujuan untuk mengetahui apakah es yang mudah terbakat dapat digunakan sebagai sumber green energy. Penelitian ini menemukan hal itu dengan cara yang unik.

Baca juga: NASA: Gelembung Metana di Danau Arktik adalah Kabar Buruk

Glen T. Snyder, seorang peneliti dari Meji University dan penulis utama studi ini, mencoba melelehkan hidrat untuk mempelajarai gas metana yang terkandung di dalamnya.

Snyder memperhatikan bubuk dengan sedikit spheroids mikroskopis yang berisi bola-bola kecil dengan inti gelap di dalamnya. Temuan itu sangat aneh, sehingga dia mengumpulkan timnya untuk menyelidikinya lebih lanjut.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Sumber SPACE.COM
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X