Gonggong, Benda Langit Pertama yang Diberi Nama Dewa Orang Tionghoa

Kompas.com - 24/02/2020, 19:05 WIB
Planet kerdil Gonggong NYTIMESPlanet kerdil Gonggong

KOMPAS.comTata Surya kita terdiri dari Matahari, delapan buah planet, dan puluhan satelit yang mengelilingi tiap planet. Namun selain itu, terdapat pula asteroid dan komet yang tak terhitung jumlahnya. Begitu pula dengan dwarf planet alias planet kerdil.

Planet kerdil yang paling terkenal adalah Pluto. Tak jauh di belakang Pluto, terdapat planet kerdil terbesar kelima di Tata Surya. Sejak pertama kali ditemukan pada 2007, planet kerdil itu belum memiliki nama.

Baca juga: Temuan Fosil Es 4,6 Miliar Tahun pada Meteorit, Ungkap Awal Tata Surya

Namun baru-baru ini, International Astronomical Union memberi nama planet kerdil tersebut yaitu Gonggong. Ini adalah nama Dewa Air kepercayaan masyarakat Tionghoa. Gonggong digambarkan memiliki kepala manusia dan tubuh ular.

Mengutip CNET, Senin (24/2/2020), Gonggong adalah benda langit pertama yang diberi nama China. Sebagai bonus, satelit mini yang mengelilingi Gonggong juga diberi nama China yaitu Xiangliu.