Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/02/2020, 19:05 WIB
Sri Anindiati Nursastri

Penulis

Sumber CNET

KOMPAS.comTata Surya kita terdiri dari Matahari, delapan buah planet, dan puluhan satelit yang mengelilingi tiap planet. Namun selain itu, terdapat pula asteroid dan komet yang tak terhitung jumlahnya. Begitu pula dengan dwarf planet alias planet kerdil.

Planet kerdil yang paling terkenal adalah Pluto. Tak jauh di belakang Pluto, terdapat planet kerdil terbesar kelima di Tata Surya. Sejak pertama kali ditemukan pada 2007, planet kerdil itu belum memiliki nama.

Baca juga: Temuan Fosil Es 4,6 Miliar Tahun pada Meteorit, Ungkap Awal Tata Surya

Namun baru-baru ini, International Astronomical Union memberi nama planet kerdil tersebut yaitu Gonggong. Ini adalah nama Dewa Air kepercayaan masyarakat Tionghoa. Gonggong digambarkan memiliki kepala manusia dan tubuh ular.

Mengutip CNET, Senin (24/2/2020), Gonggong adalah benda langit pertama yang diberi nama China. Sebagai bonus, satelit mini yang mengelilingi Gonggong juga diberi nama China yaitu Xiangliu.

Baca juga: Kali Pertama, Astronom Temukan Air di Planet Luar Tata Surya

Baik Gonggong maupun Xiangliu ditemukan oleh tiga orang astronom pada 2007. Mereka kemudian melakukan survei online untuk menamai planet kerdil serta satelitnya tersebut.

Gonggong kemudian dipilih oleh International Astronomical Union, satu-satunya badan yang memiliki akses penamaan benda langit.

Gonggong sendiri memiliki warna agak kemerahan, akibat gas metana yang memenuhi atmosfernya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber CNET
Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com