Penuh Lele dan Nila, Ini Bukti Gurun Sahara Tak Setandus Sekarang

Kompas.com - 24/02/2020, 18:33 WIB
Ilustrasi padang pasir Gurun Sahara yang tandus, gersang dan panas. Sergey PesterevIlustrasi padang pasir Gurun Sahara yang tandus, gersang dan panas.

KOMPAS.com - Gurun Sahara adalah daerah yang tandus, gersang dan panas. Uniknya, sebuah penelitian menunjukkan gurun ini ternyata dulu adalah daerah kaya air dan memiliki banyak spesies ikan, salah satu populasi terbanyak adalah ikan lele.

Catatan fosil, melansir Science Focus, Senin (24/2/2020) menunjukkan pada masa Holocene awal dan menengah, Gurun Sahara merupakan wilayah yang lembab dan kaya air.

Area tersebut juga dihuni orang-orang kuno, serta beragam hewan.

Para peneliti di Museum Sejarah Alam di Belgia dan Sapienza University di Roma menggali sekitar 17.551 tulang, termasuk tulang ikan, katak, buaya dan burung.