Kali Pertama, Astronom Temukan Air di Planet Luar Tata Surya

Kompas.com - 14/09/2019, 12:07 WIB
Ilustrasi K2-18b, bintang induknya dan plannet lain di sistem tersebut. ESA/Hubble, M. KornmesserIlustrasi K2-18b, bintang induknya dan plannet lain di sistem tersebut.

KOMPAS.com - Untuk kali pertama, para astronom menemukan uap air di atmosfer sebuah planet yang nun jauh di konstelasi Leo.

Temuan yang telah dipublikasikan dalam jurnal Nature Astronomy ini membuat planet bernama K2-18b yang berada di zona layak huni Goldilocks tersebut menjadi kandidat terkuat dalam upaya pencarian kehidupan alien.

"Ini adalah planet berpotensi huni pertama yang temperaturnya tepat dan kini kita tahu di sana ada air. Ini adalah kandidat terbaik untuk dihuni saat ini," ujar Angelos Tsiaras, astronom di University College London (UCL), seperti dilansir dari Guardian, Rabu (11/9/2019).

Planet K2-18b pertama kali ditemukan oleh teleskop Kepler milik NASA pada 2015. Besarnya dua kali lipat Bumi sedangkan massanya 1,5 kali lipat Bumi.