Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Hari Ini: Magnitudo 3.3 Guncang Karangasem Sore Ini

Kompas.com - 14/02/2020, 18:17 WIB
Ellyvon Pranita,
Holy Kartika Nurwigati Sumartiningtyas

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Gempa bumi tektonik berkekuatan M=3.3 mengguncang wilayah Karangasem, Provinsi Bali, pada pukul 17.22 WITA.

Berdasarkan analisis data Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), episenter gempa bumi terletak pada koordinat 8,31 LS dan 115,99 BT.

Titik koordinat itu tepatnya berlokasi di laut pada jarak 19 kilometer Barat Laut Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Peneliti Sebut Gempa Bumi Tsunami Mentawai 2010 adalah Kejadian Langka

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Drs M Taufik Gunawan Dipl SEIS, menyebutkan dengan memerhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi ini merupakan jenis gempa bumi dangkal.

Gempa bumi dangkal ini akibat aktivitas sesar aktif, dan juga hasil dari interaksi sesar naik busur belakang Flores atau Flores Back Arc Trust.

Hasil pemodelan menunjukkan gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami. Serta, hingga pukul 17.51 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan.

Sementara itu, dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Karangasem dengan intensitas II MMI.

Intensitas II MMI, dicirikan dengan getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang.

Terkait gempa bumi tersebut, BMKG mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Baca juga: BMKG: Gempa Bumi di Pangandaran Tidak Berpotensi Tsunami

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com