Hari Valentine, Ini Alasan Ilmiah Mengapa Manusia Jatuh Cinta

Kompas.com - 14/02/2020, 18:05 WIB
Ilustrasi jatuh cinta shutterstockIlustrasi jatuh cinta

KOMPAS.com – ‘Jatuh cinta, berjuta rasanya’, begitu kata Titiek Puspa. Anda hampir pasti pernah jatuh cinta, mungkin bisa beberapa kali sejauh ini.

Perasaan tersebut sulit dijelaskan secara ilmiah. Padahal, perasaan tersebut merupakan efek dari beberapa jenis hormon yang mengalir dalam tubuh.

Ketertarikan

Mengutip The Independent, Jumat (14/2/2020), ketika kita tertarik terhadap seseorang, serangkaian zat kimia terlepas dalam otak.

Dopamine adalah salah satunya, yang menyebabkan perasaan bahagia dan berujung pada berkurangnya nafsu makan dan kesulitan tidur.

Nafsu

Ketika kita mencapai masa pubertas, hormon testosteron (pria) dan esterogen (wanita) mulai aktif. Hormon-hormon ini menimbulkan sebuah keinginan untuk pengalaman bercinta, sehingga kita mulai mencari pasangan.

Baca juga: Jangan Kaitkan Valentine dengan Seks

Orang seperti apa yang mengeluarkan rasa nafsu tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor. Penampilan dan kepribadian memiliki peran penting.

Selain itu, penelitian menunjukkan bahwa kita cenderung tertarik dengan orang yang mengingatkan kita terhadap orangtua baik ayah maupun ibu.

Ikatan resmi

Agar sebuah hubungan percintaan berlangsung lama, kita menginginkan sebuah keterikatan dengan pasangan. Dua hormon yang paling berperan dalam keinginan ini aalah oksitosin dan vasopressin.

Oksitosin dikeluarkan ketika kita menerima pelukan, ciuman, dan berhubungan intim. Hormon ini membantu kita untuk membentuk kepercayaaan satu sama lain.

Baca juga: Thailand Kampanye Hari Valentine Tanpa Seks Bebas

Sementara itu, hormon vasopressin berperan dalam mengatur retensi air dalam tubuh. Vasopressin dilepaskan saat berhubungan intim, dan mendorong kita untuk monogami.

Endorfin juga memegang peranan penting dalam pembentukan ikatan resmi ini. Endorfin menghasilkan rasa aman dan nyaman ketika hormon tersebut dilepaskan.

Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X