Hari Kanker Sedunia, Kenali 3 Metode Screening Kanker Serviks

Kompas.com - 04/02/2020, 20:03 WIB
Ilustrasi kanker serviks Ilustrasi kanker serviks

KOMPAS.com - Beberapa program pencegahan telah dilakukan pemerintah dalam upaya menurunkan angka kejadian dan kematian akibat kanker serviks pada wanita. Namun, masih banyak ditemukan pasien yang datang dalam stadium lanjut.

Merujuk pada Servical Screening Guideline yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tes HPV DNA dapat digunakan sebagai skrining pertama untuk mendeteksi kanker serviks.

Baca juga: 3 Kisah Survivor Kanker, Lulus Cumlaude hingga Lawan Kanker Stadium 4

Ketua Perhimpunan Dokter Onkologi dan Ginekologi Indonesia, Prof Dr dr Andrijono SpOG(K), mengatakan bahwa tes HPV DNA menjadi metode baru yang paling baik.

Pencegahan kanker serviks antara lain dapat dilakukan dengan metode skrining sebagai berikut.

1. Inspeksi Visual Asam (IVA)

IVA menjadi pemeriksaan sederhana yang dapat dilakukan oleh pelayanan kesehatan tingkat pertama, seperti Puskesmas, oleh seorang bidan.

Pada umumnya, dalam mekanismenya petugas medis akan memeriksa bibir vagina untuk melihat apakah terdapat lesi putih atau tidak di sana.

Hasil dari deteksi metode tes IVA ini bisa didapatkan dalam jangka waktu hitungan jam saja.

Jika terdapat lesi, maka pasien patut waspada dan akan diminta untuk melakukan pengujian dan pemeriksaan lanjutan atau skrining kembali dalam jangka waktu tertentu, setidaknya setahun sekali.

2. Pemeriksaan sitologi konvensional (Pap smear)

Halaman:
Baca tentang
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X