Terbukti, Cuaca Ekstrem Saat Ini Terjadi Karena Ulah Manusia

Kompas.com - 04/02/2020, 16:06 WIB
ilustrasi hujan lebat Wavebreakmedia Ltdilustrasi hujan lebat

KOMPAS.com – Baru-baru ini, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika ( BMKG) Dwikorita Karnawati menyebutkan, perubahan iklim mengakibatkan siklus hujan dapat datang dua kali lebih cepat dari biasanya.

"Hujan intensitas esktrem itu ada siklusnya, tapi tampaknya siklus itu semakin memendek, yang biasanya 10 tahunan, 20 tahunan menjadi datang hanya dalam waktu lima tahun atau kurang,” jelasnya dikutip dari Kompas.com, Jumat (3/1/2020).

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menambahkan, fenomena tersebut diperparah dengan terjadinya perubahan fungsi lahan, misalnya hutan menjadi bangunan.

Untuk itu, dia pun meminta pemerintah dan pengusaha untuk lebih memerhatikan keseimbangan alam dalam menjalankan usahanya.

Baca juga: Perubahan Iklim Picu Kenaikan Suhu, Ini Dampak pada Tanaman Pertanian

"Jangan sampai kita dapat keuntungan ekonomi besar tapi kerugian jiwanya juga besar," kata Doni.

Kondisi ini tentu meninmbulkan pertanyaan, apa yang terjadi dengan cuaca atau iklim? Apakah ada campur tangan  atau ulah manusia di sini? Apakah ada hubungannya dengan kacaunya siklus cuaca?

Hasil penelitian membuktikan

Dikutip dari National Geographic, Kamis (16/1/2020), hasil penelitian Institut Ilmu Atmosfer dan Iklim ETH Zurich mengungkapkan dampak perubahan cuaca hampir pasti terkait campur tangan manusia.

Dalam proyek tersebut, peneliti Reto Knutti mengatakan, dari stasiun luar angkasa setiap hari ilmuan dapat melihat campur tangan manusia pada perubahan iklim.

Baca juga: Peduli Perubahan Iklim, Ini Isu dan Agenda Tingkat Dunia yang Perlu Diketahui

Sejak 1970-an, peneliti sudah mencari sinyal terkait potensi campur tangan manusia pada perubahan iklim.

Pada saat yang sama, peneliti juga mengembangkan teknik untuk mencari tahu seberapa banyak sinyal tersebut berpengaruh kepada bertambahnya gas rumah kaca di atmosfer.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X