Perubahan Iklim Kurangi Kemampuan Tanah untuk Serap Air

Kompas.com - 21/09/2019, 18:05 WIB
Monika Novena,
Shierine Wangsa Wibawa

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebuah studi baru mengungkapkan bahwa perubahan iklim memiliki pengaruh yang lebih luas terhadap Bumi. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Science Advances menyebut kalau perubahan iklim dapat menurunkan kemampuan tanah menyerap air.

Ini tentu kabar yang tak terlalu menggembirakan karena turunnya daya serap tersebut dapat berimplikasi pada pasokan air tanah, produksi dan keamanan pangan serta keanekaragaman hayati dan ekosistem.

"Pola curah hujan dan kondisi lingkungan bergeser secara global sebagai akibat dari perubahan iklim. Penelitian kami menunjukkan bagaimana hubungan air dan tanah kemudian dapat berubah di beberapa bagian belahan dunia dengan cukup cepat," kata Daniel Giménez, peneliti dari Rutgers University-New Brunswick.

Baca juga: Masuki Musim Hujan, Waspada dan Kenali Penyebab Tanah Longsor

Perubahan iklim diperkirakan akan membawa peningkatan curah hujan ke wilayah-wilayah tertentu di dunia. Dengan meningkatnya curah hujan, tanaman memiliki akar yang lebih tebal dan dapat menyumbat pori-pori atau ruang yang cukup besar ketika air akan masuk ke dalam tanah.

Padahal ruang-ruang tersebut bertugas menangkap air yang dapat digunakan tanaman dan mikroorganisme. Selain itu juga pori-pori berkontribusi pada peningkatan aktivitas biologis dan siklus nutrisi dalam tanah dan mengurangi kehilangan tanah melalui erosi. Peristiwa tersebut akhirnya menyebabkan berkurangnya infiltrasi air ke dalam tanah.

Studi tersebut berdasarkan hasil percobaan lapangan yang dilakukan dengan menggunakan sistem irigasi springkler di padang rumput.

Tim peneliti secara buatan meningkatkan jumlah curah hujan rata-rata tahunan yang diterima oleh tanah sebesar 35 persen selama 25 tahun. Peningkatan curah hujan ini menyebabkan penurunan sebanyak 21-33 persen air yang terserap ke dalam tanah.