Suplemen Penguat Imun, Apakah Menurunkan Risiko Terjangkit Virus Corona?

Kompas.com - 03/02/2020, 12:03 WIB
Virus Corona ShutterstockVirus Corona

KOMPAS.com - Para ahli medis membenarkan bahwa imunitas yang baik menurunkan risiko seseorang terkena virus corona (2019-nCoV). 

Menteri Kesehatan Republik Indonesia, dr Terawan Agus Putranto, meminta masyarakat Indonesia untuk menjaga diri sendiri dengan berperilaku hidup bersih dan sehat. Serta memperkuat daya tahan tubuh guna mencegah infeksi virus corona.

"Kalau daya tahan tubuh baik, tidak mudah terkena virus," kata Terawan.

Tubuh memiliki sistem pertahanan sebagai mekanisme alami untuk melawan ancaman masuknya benda asing dari luar. Seperti virus, bakteri ataupun jamur.

Baca juga: Virus Corona: Ahli Berlomba Kembangkan Vaksin, Akan Segera Diuji WHO

Bila daya tahan tubuh lemah, maka benda asing tersebut akan mudah masuk sehingga menyebakan terkena infeksi dan muncul beberapa gejala misalnya bersin, demam dan lainnya.

Oleh karena vaksin virus corona belum ditemukan, cara terbaik untuk menanggapi penyebaran virus ini adalah melakukan pencegahan baik eksternal maupun internal.

Dijelaskan oleh ahli imunitas, Prof Dr dr Iris Renggaris SpPD-KAI, pola eksternal dapat Anda lakukan dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat sebagai berikut.

- Konsumsi makanan gizi seimbang

- Rajin berolahraga

- Istirahat yang cukup

Halaman:
Baca tentang
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X