Kompas.com - 30/01/2020, 11:02 WIB

KOMPAS.com - Infeksi virus corona Wuhan atau novel coronavirus (2019-nCoV) terus berkembang di China dan negara-negara lain di seluruh dunia.

Hingga saat ini, para ilmuwan di seluruh dunia sedang berusaha untuk mengembangkan vaksin yang bisa melawan virus ini.

Namun, kapan kira-kira vaksin tersebut berhasil ditemukan?

Mengingat hingga Rabu (29/1/2020), jumlah korban tewas sudah mencapai 132 orang, dan telah menginfeksi lebih dari 6.056 orang. Angka ini hanya untuk wilayah China.

Sementara beberapa ahli epidemiologi memperkirakan bahwa jumlah orang yang terinfeksi virus di China kemungkinan mencapai 100.000.

Selain China, virus corona Wuhan sudah menyebar ke 16 negara lain. Hingga saat ini tidak ada laporan korban meninggal di luar China.

Baca juga: Wabah Virus Corona Wuhan, Mengapa WHO Belum Beri Status Darurat?

Selagi pemerintahan di semua negara mengambil langkah secara fisik untuk mencegah penyebaran, seperti isolasi beberapa kota di China, pemeriksaan di bandara dan pelabuhan, dan lain sebagainya, para ilmuwan tengah mengembangkan vaksin.

"Kami sedang mengerjakannya (mengembangkan vaksin). Semoga dalam waktu tiga bulan, kami sudah dapat memulai uji coba tahap pertama ke manusia," ungkap Anthony Fauci, direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular di National Institutes of Health kepada Bloomberg News pekan lalu.

China pun sangat tanggap dan cepat untuk segera mempelajari virus corona jenis baru itu.

Setidaknya, dalam beberapa hari setelah kasus virus corona 2019-nCoV pertama kali diumumkan, ilmuwan China segera mengetahui bahwa virus itu termasuk betacoronavirus yang terkait dengan virus sindrom pernafasan timur tengah (Mers-CoV) dan virus Sindrom Pernafasan Akut Parah (SARSCov).

Halaman:
Baca tentang
Kompas.com Berita Vaksinasi

Kita bisa akhiri pandemi Covid-19 jika kita bersatu melawannya. Sejarah membuktikan, vaksin beberapa kali telah menyelamatkan dunia dari pandemi.

Vaksin adalah salah satu temuan berharga dunia sains. Jangan ragu dan jangan takut ikut vaksinasi. Cek update vaksinasi.

Mari bantu tenaga kesehatan dan sesama kita yang terkena Covid-19. Klik di sini untuk donasi via Kitabisa.

Kita peduli, pandemi berakhir!



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.