Rahasia Alam Semesta: Sebenarnya, Berapa Umur Bumi?

Kompas.com - 15/01/2020, 19:03 WIB
Ilustrasi planet Bumi. ShutterstockIlustrasi planet Bumi.

KOMPAS.com - Bumi tidak memiliki akta yang mencatatkan kapan planet ini terbentuk. Jadi, tahukah Anda berapa umur Bumi?

Melansir Space.com, Rabu (15/1/2020), segala upaya dilakukan para ilmuwan di dunia untuk mencari tahu usia planet ini dengan mendata batu-batu di lapisan kerak Bumi.

Bahkan, penelitian batuan tidak hanya menyeluruh di permukaan Bumi, tetapi juga sampai di bulan dan meteorit yang jatuh di planet ini.

Baca juga: Meteorit Murchison Mengandung Material Stardust Tertua di Bumi

Berbagai upaya dilakukan untuk memprediksi umur Bumi, seperti dengan melihat perubahan permukaan laut, waktu yang dibutuhkan Bumi atau matahari untuk mendinginkan suhu hingga kadar garam di laut.

Namun, dengan teknologi yang berkembang saat ini, maka metode itu terbukti tidak dapat diandalkan.

Memasuki awal abad ke 20, para ilmuwan menyempurnakan proses penanggalan radiometrik. Metode ini dilakukan untuk mengetahui usia batu.

Batuan tertua di Bumi yang ditemukan hingga saat ini adalah Acasta gneiss berusia 4,03 miliar tahun, di barat Kanada dekat Great Slave Lake. Penelitian pada batu-batuan kuno, tidak cukup.

Sebab, batu-batu yang berumur lebih dari 3,5 miliar tahun juga dapat ditemukan di hampir semua benua.