Dikenal Kecil dan Tangguh, Kini Ilmuwan Temukan Kelemahan Tardigrade

Kompas.com - 15/01/2020, 17:32 WIB
Tardigrade berada di lumut. Hewan ini mampu bertahan di bulan. Tardigrade berada di lumut. Hewan ini mampu bertahan di bulan.

KOMPAS.COM - Walaupun terlihat kecil, nyatanya Tardigrade adalah makhluk kecil yang tangguh. Tardigrade merupakan makhluk invertebrata mikroskopis yang juga dikenal sebagai beruang air atau anak-anak lumut.

Melansir Live Science, diketahui terdapat sekitar 1.300 spesies yang diketahui, sebagian besar di antaranya memiliki panjang 0,3 dan 0,5 milimeter.

Sebagian besar habitat tardigrade berada di lingkungan basah, seperti di sedimen laut, air tawar, lumut, dan alga, serasah daun, gunung berapi lumpur, dari khatulistiwa ke kutub.

Mereka juga memiliki tubuh seperti barel yang kecil dan gemuk, dengan delapan kaki kecil kekar sehingga terlihat seperti hewan yang sedikit kaku dan menggemaskan daripada apa pun.