Rahasia Alam Semesta, Ada Berapa Banyak Air di Bumi?

Kompas.com - 15/11/2019, 19:04 WIB
Ilustrasi planet Bumi. ShutterstockIlustrasi planet Bumi.

KOMPAS.COM - Air merupakan unsur terbesar yang menutupi permukaan bumi. Namun, tahukah Anda berapa banyak air di bumi ini?

Sebagai salah satu sumber kehidupan, jumlah air di bumi diperkirakan mencapai 326 juta mil kubik (1,332 miliar kilometer kubik).

Jumlah itu, menurut ahli, tergolong kecil.

"Tidak ada banyak air di bumi sama sekali" kata David Gallo, seorang ahli kelautan di Woods Hole Oceanographic Institution (WHOI) di Massachusetts.

Baca juga: Indonesia dan 5 Negara Asia Diprediksi Terendam Air Laut pada 2050

Lautan menciptakan lapisan air yang membentang 15.000 mil (24.000 kilometer) di seluruh planet dengan kedalaman rata-rata lebih dari 2 mil (3,2 km).

Jika Anda menuangkan semua air dia dunia ke Amerika Serikat dan bisa menahannya, Anda akan membuat sebuah danau sedalam 90 mil (145 km).

Gallo menjelaskan, penampilan bumi seperti menyimpan banyak air, tetapi penampilan itu bisa menipu.

Ia mengumpamakan, jika bumi adalah sebuah apel, lapisan airnya lebih sedikit dari kulit buah

Baca juga: Perubahan Iklim Kurangi Kemampuan Tanah untuk Serap Air

Buruknya lagi, seperti dilansir dari Live Science, 09 September 2010, hasil Survei Geologi AS (USGS) menemukan bahwa meski sekitar 72 persen permukaan Bumi tertutup air, 97 persennya adalah air laut asin yang tidak layak diminum.

"Agar umat manusia dapat berkembang, atau bahkan ada, kita perlu menaburkan sedikit air tawar di tempat yang tepat, pada waktu yang tepat dan dalam jumlah yang tepat," sambung Gallo.

Cara air tawar menyebar di Bumi

• 70 persen air tawar terkunci di dalam es

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X