Kaleidoskop 2019: 5 Momen Astronomi Penting, Salah Satunya Foto Pertama Lubang Hitam

Kompas.com - 17/12/2019, 12:04 WIB
Foto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT) EHTFoto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT)

KOMPAS.com - Beragam sejarah astronomi dan fenomena langit yang mengesankan terjadi tahun ini.

Mulai dari satelit China yang berhasil menyentuh sisi jauh bulan pada awal tahun 2019, kemudian untuk pertama kalinya lubang hitam tertangkap kamera, dan berbagai fenomena langit nan cantik.

Salah satu fenomena langit itu adalah komet yang datang dari antarbintang, hujan meteor deras pekan lalu, hingga Gerhana Matahari Cincin (GMC) yang bakal terpantau di sejumlah wilayah Indonesia setelah natal nanti.

Berikut beberapa sejarah astronomi dan fenomena langit sepanjang 2019 yang telah kami rangkum untuk Anda: