Ciptakan Sejarah, Wahana Antariksa China Mendarat di Sisi Jauh Bulan

Kompas.com - 03/01/2019, 17:03 WIB
Ilustrasi wahana Change-4 milik China Ilustrasi wahana Change-4 milik China


KOMPAS.com - Sisi jauh Bulan adalah lokasi yang belum pernah terjamah dan merupakan bagian dari Bulan yang tidak tampak dari Bumi.

Baru saja, China mengabarkan telah berhasil mendaratkan pesawat antariksa tanpa awaknya, Chan'e-4 di titik misterius itu.

Pada pukul 10:26 waktu Beijing atau 07:26 WIB, wahana penjelajah Chang'e-4 mendarat di lembah Aitken di Kutub Selatan Bulan.

Wahana ini membawa instrumen untuk merumuskan geologi kawasan, serta melakukan percobaan biologi.

Baca juga: Misi China Menjelajah Sisi Jauh Bulan Sudah Memasuki Orbitnya

Media pemerintah menyebut pendaratan itu merupakan tonggak penting dalam eksplorasi ruang angkasa.

Ini merupakan kali pertama sebuah pesawat mendarat di sisi jauh Bulan yang belum pernah dijelajahi. Misi-misi sebelumnya yang dilakukan Amerika dan Rusia dilakukan di sisi Bulan yang menghadap Bumi.

Dalam persiapan pendaratan, beberapa hari terakhir sebelumya, pesawat ruang angkasa Chang'e-4 menurunkan orbitnya.

Media China menyebut, pada akhir pekan wahana penjelajah ini memasuki jalur elips di sekitar Bulan, membawa wahana ke jarak 15 km dari permukaan bulan sebagai titik terdekatnya.

China merupakan pendatang baru di bidang eksplorasi ruang angkasa. Baru pada tahun 2003 mereka mengirim astronot pertamanya ke orbit, untuk menjadi negara ketiga yang melakukannya, setelah Uni Soviet dan AS.

Upaya mendarat di sisi jauh Bulan membuat misi ini lebih berisiko dan lebih kompleks dari pendahulunya, Chang'e-3, yang pada tahun 2013 mendarat di sisi dekat Bulan, di wilayah Mare Imbrium.

Keberhasilan China ini akan membuka jalan bagi negara itu untuk mengirimkan sampel batuan dan debu Bulan ke Bumi.

Sisi gelap bulan

Sisi dekat (kiri) dan sisi jauh (kanan) Bulan memiliki perbedaan mendasar. Sisi dekat (kiri) dan sisi jauh (kanan) Bulan memiliki perbedaan mendasar.
Karena fenomena yang disebut tidal locking, kita yang hidup di Bumi hanya bisa melihat satu wajah Bulan. Ini karena waktu yang dibutuhkan Bulan untuk berputar pada porosnya sendiri, sama dengan waktu yang diperlukan untuk menyelesaikan satu orbit Bumi.

Sisi jauh bulan sering disebut sebagai sisi gelap. Gelap di sini berarti sisi yang tidak terlihat dari Bumi, bukan tidak memiliki cahaya.

Halaman:



Close Ads X