Kompas.com - 16/12/2019, 14:14 WIB
Habitas jenis Kayu Bajakah di Hutan Kalimantan Tengah KOMPAS.com/KURNIA TARIGANHabitas jenis Kayu Bajakah di Hutan Kalimantan Tengah

KOMPAS.com - Sepanjang 2019 ada banyak perdebatan terkait dunia medis.

Mulai dari plester mulut saat tidur ala Andien, suntik DNA salmon yang dilakukan Krisdayanti, Sarwendah memberikan ASI untuk Betrand Peto, hingga bajakah.

Masing-masing isu itu sempat ramai diperbincangkan. Terlepas dari pro kontranya, kita tetap bisa mengambil manfaat dan mempelajari faktanya menurut sains.

Baca juga: Kaleidoskop 2019: 5 Gempa yang Paling Merusak di Indonesia

1. Plester mulut ala Andien

Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester. Andien dan keluarga membiasakan diri untuk tidur dengan mulut diplester.

Bulan Juli, salah satu postingan penyanyi Andien mendapat sorotan khalayak. Seperti terlihat dalam gambar, Andien, suami, dan anaknya berfoto sambil memplester mulut.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Hal ini diakui Andien menjadi kebiasaan baru saat tidur, namanya buteyko breathing.

Ia mengatakan, dirinya sempat mengikuti workshop Buteyko Breathing. Dalam acara itu, ia mendapat penjelasan bahwa teknik pernafasan tersebut bisa menyembuhkan 200 penyakit kronis.

Menurutnya, teknik bernafas itu sangat bermanfaat. Namun ia buru-buru menambahkan, "Kalau belum punya kesempatan itu, mulai dengan memplester mulut ketika tidur."

Nah, apakah memplester mulut saat tidur benar-benar memberi manfaat?

Konsultan Laring Faring Departemen THT-KL FKUI RS Cipto Mangunkusumo (RSCM), Dr. dr. Fauziah Fardizza, SpTHT-KL (K) menjelaskan, manusia bernapas melalui hidung tetapi ada kalanya lewat mulut.

Buteyko berguna memperbaiki kualitas udara yang masuk ke paru-paru. Syarat kualitasnya adalah suhu 3 derajat Celsius dan kelembaban 100 persen.

Sebenarnya, Buteyko bermanfaat untuk orang dengan asma. Saat orang asma kumat, orang asma bernafas dengan hiperventilasi. Ini bisa diperbaiki dengan buteyko.

Namun, buteyko tidak disarankan pada orang dengan sleep apnea. Pada orang tersebut, lubang hidung sempit dan akhirnya kerap bernapas lewat mulut dan mendengkur. Jika mulut ditutup, akan kesulitan bernafas.

Baca selengkapnya: Mengenal Buteyko Breathing, Tidur dengan Mulut Diplester Ala Andien

2. Krisdayanti suntik DNA Salmon

Dalam acara Ngopi Dara di kanal Youtube TransTV Official Juni 2019, Krisdayanti mengaku punya resep cantik.

Salah satu yang dipakai untuk mencerahkan wajah adalah DNA Salmon.

"Karena tubuh kita kan selain karbohidrat. Kita juga butuh lemak dari Omega itu. Makanya pakai DNA salmon," kata Krisdayanti seperti dikutip Kompas.com , 24 Juni 2019 lalu.

"Jadi itukan memang untuk brightening. Pakai DNA dari ikan salmon," imbuhnya.

dr. Tan Shot Yen, M.Hum membantah keras pernyataan sang diva. "Hoaks ya, DNA ikan beda dengan DNA manusia," tegasnya.

Menurut Tan, tidak mungkin manusia mengonsumsi omega 3 dengan mengoleskannya di wajah. Suntik DNA ikan menurutnya lebih absurd lagi.

Halaman:
Baca tentang


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.