Ke Mana Lubang Hitam Menuju?

Kompas.com - 03/10/2019, 07:06 WIB
Dua lubang hitam NewsweekDua lubang hitam

KOMPAS.com - Coba bayangkan jika Anda terjatuh ke dalam lubang hitam antariksa atau yang biasa disebut dengan black hole. Bagaimana cara Anda untuk tetap bertahan hidup? Apakah Anda bisa kembali atau menceritakan kejadian-kejadian jika Anda bisa kembali ke Bumi?

Profesor asal Durham University, Richard Massey, mengatakan jika seseorang atau sebuah benda telah terjatuh ke dalam lubang hitam, maka tidak akan kembali. Orang atau benda tersebut akan hancur berkeping-keping karena tekanan gravitasi yang sangat besar.

Menurut Richard, jika seseorang telah terjatuh ke dalam black hole tidak akan bisa kembali dan menjadi hancur berkeping-keping akibat tekanan gravitasi yang sangat besar.

Jawaban yang cukup menyedihkan itu sebenarnya adalah jawaban yang sudah diduga oleh para ilmuwan. Sejak teori relativitas milik Albert Einstein dianggap telah memprediksi black hole dengan aksi gravitasi, telah diketahui bahwa lubang hitam dihasilkan dari ledakan bintang raksasa.