Lubang Hitam Pertama yang Diabadikan Diberi Nama, Apa Artinya?

Kompas.com - 18/04/2019, 19:34 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

Sumber Time

KOMPAS.com - Lubang hitam yang beberapa hari lalu berhasil terpotret kini telah diberi nama. Nama yang diberikan oleh seorang profesor bahasa di University of Hawaii-Hilo adalah "Powehi".

Dalam siaran pers pihak universitas, Powehi berarti sumber gelap yang tak tergantikan dari penciptaan. Julukan tersebut berasal dari Kumulipo, sebuah mantra kuno abad ke-18 yang menggambarkan penciptaan alam semesta Hawaii.

"Memiliki hak istimewa untuk memberikan nama Hawaii pada konfirmasi ilmiah pertama tentang lubang hitam sangat berarti bagi saya," ungkap Profesor Larry Kimura, ahli bahasa yang mengusulkan nama tersebut dikutip dari Time, Jumat (12/04/2019).

Gambar lubang hitam pertama di dunia tersebut berhasil diabadikan dengan menggunakan 8 teleskop radio yang membentuk Event Horizon Telescope (EHT). Di antara kedelapan teleskop tersebut, dua terletak di atas Mauna Kea, gunung berapi di Pulau Hawaii.