Tiba-tiba Bersinar, Ada Apa dengan Lubang Hitam di Jantung Galaksi Kita?

Kompas.com - 12/08/2019, 20:06 WIB
Lubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarangGODDARD SPACE FLIGHT CENTER/NASA Lubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang

KOMPAS.com – Lubang hitam supermasif di jantung galaksi kita, Sagittarius A*, biasanya minim aktivitas. Namun pada 13 Mei 2019, ia tiba-tiba menjadi 75 kali lebih terang dari biasanya. Momen itu bahkan disebut oleh para ahli sebagai yang paling terang dalam sejarah Sagittarius A*.

Astronom Tuan Do dari University of California Los Angeles yang mengunggah foto GIF Sagittarius A* bersinar terang ke Twitter mengatakan, lubang hitam itu sangat terang sampai aku salah mengiranya sebagai bintang S0-2, karena aku belum pernah melihat Sgr A* seterang itu.

“(Namun) setelah melihat beberapa frame kemudian, tampak jelas bahwa sumbernya sudah pasti lubang hitam. Aku tahun dengan segera bahwa pada saat itu, ada suatu hal menarik yang sedang terjadi pada lubang hitam,” ujarnya.

Pertanyaannya, apa hal menarik itu?