Peneliti Harvard: Radiasi Lubang Hitam Bisa Ciptakan Kehidupan

Kompas.com - 24/06/2019, 17:00 WIB
Lubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang newsweekLubang hitam masih menjadi misteri yang belum terpecahkan hingga sekarang

KOMPAS.com - Dalam tujuan mencari kehidupan lain di alam semesta, para ilmuwan sering berfokus pada wilayah layak huni yang disebut "Zona Goldilocks".

Zona Goldilocks adalah area di sekitar bintang induk yang memungkinkan sebuah planet memiliki suhu tepat untuk membuat air tetap cair.

Jika selama ini wilayah tersbeut sering diperkirakan berada di sekitar bintang induk, kini peneliti Harvard menyarankan hal lain. Mereka berpendapat ada zona Goldilocks lain dalam perburuan kehidupan alien.

Alih-alih berpendapat zona Goldilocks dekat dengan bintang induk, mereka justru berpendapat area ini memiliki lubang hitam supermasif.