Peneliti Harvard: Kehidupan Bisa Tercipta karena Ada Lubang Hitam

Kompas.com - 06/07/2019, 15:15 WIB
Foto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT) EHTFoto pertama lubang hitam yang didapatkan lewat observasi dengan Event Horizon Telescope (EHT)

KOMPAS.com - Selama puluhan tahun, peneliti mengukur suhu serta iklim planet-planet untuk mengetahui apakah air dan kehidupan bisa tercipta dengan suhu yang tepat.

Namun sekelompok peneliti dari Universitas Harvard menjelaskan, ada parameter lain yang bisa diamati dalam misi pencarian kehidupan di luar bumi. Alih-alih mengamati planet yang memutari matahari atau bintang, lubang hitam boleh jadi sumber kehidupan yang baru.

"Kebanyakan orang membicarakan efek buruk dari lubang hitam. Kami ingin memeriksa kembali seberapa berbahaya radiasi dari lubang hitam, dan mempertanyakan apakah ada dampak positifnya," kata peneliti Harvard Manasvi Lingam seperti dilansir dari Futurism, 19 Juni 2019 lalu.

Baca juga: Setelah 2,5 Abad, Gambar Lubang Hitam Pertama Terungkap. Ini Fotonya...

Studi yang dipublikasikan di Astrophysical Journal itu membuat modelling active galactic nucleus (AGN) menggunakan komputer.

AGN adalah kumpulan gas dan debu yang mengeliling lubang hitam. Kumpulan gas dan debu yang berbentuk cakram ini memancarkan radiasi dan sinar yang kuat. Banyak peneliti menduga radiasi ini akan menghancurkan atmosfer planet yang mendekatinya, meninggalkan "zona mati" di sekitar lubang hitam.

Namun dari hasil modelling AGN, peneliti menemukan, radiasi lubang hitam tak akan merusak atmosfer planet. Radiasi dari AGN hanya akan memecah molekul-molekul atmosfer menjadi cikal bakal kehidupan. Sementara sinar dari AGN, bisa membantu fotosintesis