Anak Autis Rentan Dirundung, "Kuncinya" Ada di Rumah

Kompas.com - 25/08/2019, 12:34 WIB
Ilustrasi autisme Radachynskyi/ThinkstockIlustrasi autisme

KOMPAS.com - Hingga saat ini, anak dengan autisme sering mendapat bullying alias perundungan dari lingkungan sekitar.

Padahal, bulian terhadap anak dengan autisme akan berdampak besar untuk tumbuh kembangnya.

Menurut Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI), Dr Gayatri Pamoedji, sudah saatnya kita menaruh perhatian pada tanda dan dampak bullying terhadap anak dengan autisme.

Baca juga: Jangan Abaikan Anak Autis, Lakukan Diagnosis Dini dan Gali Potensinya

Tanda bullying

Berdasarkan pengalaman Gayatri, tanda bullying pada anak dengan autisme bisa dilihat dengan beberapa indikator berikut.

1. Malas sekolah dan mengalami cedera

Anak menjadi malas pergi ke sekolah. Bukan karena dia malas belajar dan tidak ingin mengerjakan tugas, tapi seolah ada alasan yang disembunyikan.

Selain perubahan perilaku, Gayatri mengungkap korban bullying kerap mengalami sakit atau cedera di beberapa bagian tubuh. Ini adalah tanda perundungan secara fisik.

Kedua hal di atas bisa membuat anak sulit di malam hari. Hal ini karena anak merasa kesakitan secara fisik atau khawatir memikirkan perlakuan teman-temannya di sekolah.

2. Barang pribadi

Hal lain yang perlu diperhatikan adalah peralatan sekolah atau barang pribadi anak. Jika orangtua menyadari barang anak mereka berkurang, orangtua perlu menanyakan apakah barang tersebut lupa dibawa pulang, terjatuh, atau diambil teman dengan sengaja.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di artikel ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini!


Dapatkan hadiah utama Smartphone setiap bulan dan Voucher Belanja setiap minggunya, dengan berkomentar di bawah ini! #JernihBerkomentar *Baca Syarat & Ketentuan di sini
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X