7 Ciri Autisme seperti yang Diidap Anak Dian Sastro

Kompas.com - 24/08/2019, 10:16 WIB
Dian Sastrowardoyo bersama suami dan kedua anaknya. Instagram/@therealdisastrDian Sastrowardoyo bersama suami dan kedua anaknya.

KOMPAS.com- Anak sulung aktris Indonesia, Dian Sastrowardoyo atau akrab dikenal Dian Sastro, ternyata pernah mengalami sutisme dari usia enam bulan hingga enam tahun. 

Tanda-tanda autisme, seperti tidak mau bermain bersama teman-temannya atau lebih suka menyendiri dan tidak memiliki eye contact, ternyata sempat dialami oleh Shailendra Naryama Sastraguna Sutowo, putra pertama Dian yang kini sudah berusia 8 tahun dan tidak lagi mengalami autisme.

Ketua Masyarakat Peduli Autis Indonesia (MPATI) Dr Gayatri Pramoedyia, menjelaskan bahwa autisme terjadi karena adanya gangguan perkembangan saraf, yang sebagian besar ditandai dengan gangguan fungsi sosial dan gangguan komunikasi.

Autisme bisa ditandai dengan 7 ciri-ciri utama di bawah ini. Bila anak ditemukan memiliki dua saja dari tujuh ciri-ciri ini, maka ada kemungkinan dia mengidap autisme. 

"Makanya kalau sudah ada paling tidak dua dari tujuh ciri-ciri itu, enggak usah ditunda, lakukan terapi yang bisa dilakukan, yakinlah kondisi autisme anak itu, jika diberikan penanganan dengan benar, bakal jadi orang hebat mereka itu," kata Gayatri.

1. Tidak memiliki ketertarikan untuk bermain bersama anak-anak lain

Pada umumnya, anak-anak lebih suka bermain bersama dengan teman sebayanya atau bermain dengan orang dewasa yang mengajaknya bermain permainan anak-anak.

Baca juga: Cerita Anfield Wibowo Taklukkan Autisme dengan Melukis

Namun, anak pengidap autisme cenderung akan lebih suka menyendiri, bermain sendiri, meskipun di sekelilingnya ada orang lain bahkan teman sebayanya yang sedang bermain juga. Sebab, anak autis lebih memilih dunianya sendiri dibandingkan bermain bersama orang lain.

2. Tidak menunjuk (dengan jari telunjuk) hal yang disukainya

Ketika menginginkan sesuatu, hal wajar atau umum yang sering dilakukan seseorang yaitu menunjuk menggunakan jemari telunjuknya.

Halaman:
Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X