Kompas.com - 08/07/2019, 16:36 WIB

KOMPAS.com – Sudah dua pekan sejak film Parasite besutan Bong Joon Ho diputar di Indonesia. Film ini menyoroti kesenjangan ekonomi dan sosial antara dua keluarga, dengan sumber konflik bau badan.

Kepala keluarga yang miskin, Mr. Kim, beberapa kali disebut bau oleh kepala keluarga yang kaya, Mr. Park.

Pada satu adegan, Mr. Park mendeskripsikan bau Mr. Kim seperti bau khas orang-orang yang naik kereta bawah tanah. Sambil tertawa, dia juga berkata kepada istrinya bahwa meski tindak-tanduk Mr. Park sebagai supir keluarga itu tidak pernah melampaui batas, bau badannya melampaui batas.

Menurut sains, bau badan sebetulnya tidak hanya dimiliki orang yang miskin saja. Semua orang, termasuk orang kaya, juga memiliki bau badan atau bromhidrosis.

Namun, beberapa orang memang kurang beruntung dengan memiliki bau badan yang lebih menyengat daripada kebanyakan orang.

Baca juga: Alasan Kisah Cinta Sedarah “I La Galigo” adalah Kisah Klasik GSA

Dilansir dari Verywell Health, 3 Juli 2019; ada dua faktor yang menyebabkan bau badan yang buruk, yaitu bakteri yang memecah protein dalam keringat dan kelenjar mana yang mengeluarkan keringat tersebut.

Harus diketahui bahwa keringat sendiri sebetulnya tidak berbau. Namun protein di dalamnya dipecah oleh bakteri menjadi asam.

Dari mana keringat dikeluarkan juga menentukan bau yang dihasilkan. Manusia memiliki dua macam kelenjar keringat, yaitu kelenjar eccrine yang terletak di seluruh tubuh dan berfungsi untuk menjaga suhu tubuh, dan kelenjar apocrine yang berada di ketiak dan daerah kemaluan.

Nah, kelenjar apocrine inilah yang sering jadi biang kerok bau badan yang buruk. Terhubung dengan folikel rambut, kelenjar apocrine mengeluarkan keringat berprotein tinggi ketika suhu tubuh meningkat atau stres.

Selain dua hal itu, ada banyak faktor lain yang bisa membuat bau badan memburuk:

Baca juga: Avengers: Infinity War, Cerminan Pemujaan Manusia Terhadap Batu Bertuah

1. Kelebihan berat badan

Berat badan yang berlebih membuat kulit di beberapa bagian tubuh melipat. Lipatan pada kulit ini rentan menjadi rumah bagi keringat dan bakteri sehingga bau badan memburuk.

2. Makan makanan pedas atau berbau menyengat

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.