Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Film Dokumenter Pendaratan Pertama di Bulan Dibuat dari Rekaman Tua

Kompas.com - 28/02/2019, 18:33 WIB
Resa Eka Ayu Sartika

Penulis

KOMPAS.com - Pendaratan bulan yang dilakukan oleh Neil Armstrong telah tercatat menjadi salah satu peristiwa bersejarah bagi umat manusia. Tak heran jika peristiwa tersebut diabadikan pada berbagai buku sejarah, bahkan difilmkan secara komersil dengan judul "First Man".

Masih belum puas, kini sebuah film dokumenter tentang pendaratan tersebut dibuat. Film dengan judul "Apollo 11" bercerita tentang pendaratan di bulan pada 1969.

Film berdurasi 93 menit itu dibuat dengan menggunakan rekaman tua yang dipugar. Artinya, film ini dibuat secara nyata.

Uniknya, gambar dalam rekaman ini menjadi sangat jernih dan jelas oleh sutradara Todd Douglas Miller.

Baca juga: Koleksi Barang Bersejarah Neil Armstrong akan Dilelang Tahun Ini

Melansir dari New York Post, Rabu (27/02/2019), beberapa rekaman luar biasa diambil dengan kamera yang terpasang di pesawat menuju bulan tersebut. Meski bukan dari kamera profesional, ini memberikan pemandangan baru pada peristiwa ikonik tersebut.

Untuk mendapatkan hasil ini, Miller dan timnya harus menyaring 11.000 jam audio. Meski begitu, hasilnya adalah sebuah proyek pelestarian sejarah yang menakjubkan.

Film ini tanpa narasi dan wawancara langsung, hanya materi asli yang disinkronkan dengan beberapa musik dan diagram sesekali.

Merangkum dari The Guardian, Senin (25/02/2019), dalam film ini ada empat momen penting pada misi ke Bulan. Mulai dari adegan lepas landas, pendaratan modul bulan Eagle, menghubungkan kembali Eagle dengan pesawat ruang angkasa Columbia untuk kembali ke Bumi, hingga masuk ke atmosfer Bumi.

Meski urutannya bisa ditebak, tapi penggambaran ini masih memikat. Di samping itu, "Apollo 11" adalah kisah terpenting teknologi dan kemanusiaan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Video Pilihan Video Lainnya >

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com