Paling Langka di Dunia, Bayi Kembar dari 1 Sel Telur dan 2 Sperma

Kompas.com - 02/03/2019, 11:59 WIB
Ilustrasi bayi kembar SHUTTERSTOCKIlustrasi bayi kembar

KOMPAS.com - Para dokter di Australia mengatakan bahwa mereka telah mengidentifikasi kasus kembar kedua yang tampaknya lahir dari pertemuan satu telur dan dua sel sperma.

Bayi kembar laki-laki dan perempuan itu memiliki DNA ibunya, tetapi DNA ayah yang berbeda-beda pada setiap bayi.

Mereka disebut sebagai kembar semi-identik dan sebuah penelitian baru di New England Journal of Medicine menunjukkan bahwa kembar seperti itu sangat langka. Satu-satunya kasus yang dilaporkan terungkap pada 2007.

Hampir semua kembar adalah kembar fraternal (dua sel telur dan dua sel sperma menciptakan dua embrio terpisah) atau kembar identik (satu embrio terbelah dua sebelum melanjutkan perkembangan normal masing-masing).

Baca juga: Ketangguhan Manusia Terbukti Lagi dalam Studi Kembar NASA

"Ini menegaskan bahwa ada jenis kembar ketiga, yang bukan kembar fraternal maupun identik. Ini akan terasa aneh karena berada di tengah-tengahnya," kata kepala penulis Dr. Michael Terrence Gabbett dari Universitas Teknologi Queensland di Brisbane kepada Reuters Health melalui telepon.

Setiap sel sperma mengandung setengah DNA ayah. Tapi dari satu sperma dengan sperma lainnya tidak identik karena setiap pria memiliki campuran materi genetik dari kedua orang tuanya, dan setiap saat DNA lengkap itu akan berubah menjadi sperma.

Sebagai contoh, beberapa sperma akan mengandung salinan kromosom Y ayah yang menghasilkan anak laki-laki dan beberapa juga akan membawa kromosom X ayah yang akan berkembang menjadi anak perempuan.

Dalam kasus kembar di Australia, yang sekarang berusia empat tahun dan tinggal di Brisbane, sel telur ibunya dibuahi dengan satu sperma yang membawa kromosom X dan satu sperma yang membawa kromosom Y.

Karena USG (ultrasonografi) diambil pada awal kehamilan menunjukkan bahwa kedua janin memiliki plasenta yang sama, dokter menganggap janin itu adalah kembar identik.

Tetapi ketika melakukan USG delapan minggu kemudian, hasilnya adalah satu anak merupakan anak laki-laki dan satunya adalah anak perempuan.

Halaman:
Menangkan e-Voucher Belanja total jutaan rupiah. Kumpulkan poin di Kuis Hoaks/Fakta. *S&K berlaku
Ikut


Dapatkan Voucher Belanja jutaan rupiah, dengan #JernihBerkomentar di bawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X