Jika Kembar Identik Menikahi Kembar Identik, Bagaimana Keturunannya? - Kompas.com

Jika Kembar Identik Menikahi Kembar Identik, Bagaimana Keturunannya?

Kompas.com - 21/08/2018, 19:04 WIB
Kembar identik Brittany dan Briana Deane baru-baru ini menikahi kembar identik Josh dan Jeremy Salyers.
Kembar identik Brittany dan Briana Deane baru-baru ini menikahi kembar identik Josh dan Jeremy Salyers.


KOMPAS.com - Kembar identik menikah dengan kembar identik lainnya mungkin adalah hal yang jarang, tapi bukan berarti tidak ada sama sekali.

Salah satunya saudara kembar identik Brittany dan Briana Deane yang Agustus 2017 lalu bertemu dengan kembar identik lain Josh dan Jeremy Salyers di Twins Day Festival, Ohio.

Menurut laporan ABC News, setahun setelah pertemuan itu kedua pasang kembar identik itu memutuskan untuk menikah di Twins Day Festival 2018. Saat upacara perkawinan berlangsung, kedua pasangan kembar itu mengenakan gaun pernikahan yang sama.

Pernikahan dua pasang kembar Deane-Salyers memang sangat unik dan tak biasa. Mungkin banyak juga yang mempertanyakan, apakah nantinya keturunan mereka juga akan mirip secara genetika?

Baca juga: Tak Hanya Penampilan, Kembar Identik Juga Punya Kemiripan Molekuler

"Secara teori, kami berharap keturunan mereka juga akan lahir sebagai kembar identik dan memiliki genetik yang sama dengan saudara (orangtuanya)," kata Laura Almasy, profesor genetik di University of Pennsylvania, dilansir Live Science, Senin (20/8/2018).

Saudara yang lahir dari orangtua kembar akan memiliki sekitar setengah gen yang sama.

"Setiap anak yang lahir akan memiliki setengah DNA dari ibu dari setengahnya lagi dari ayah," ujar Almasy.

Ia menjelaskan, jika nanti kedua pasangan kembar identik Deane-Salyers memiliki keturunan, anak-anak mereka mungkin akan terlihat seperti saudara kandung meski berasal dari orangtua berbeda.

"Jadi mungkin, mereka akan berbagi setengah DNA seperti saudara kandung, bukan seperti sepupu pada umumnya," katanya.

Layaknya saudara kandung, keturunan dua pasang kembar identik itu kemungkinan besar akan mendapat warisan gen-gen yang lebih sedikit atau lebih banyak.

Selain itu, orangtua dari pasangan kembar identik Deane-Salyers mungkin tidak memiliki DNA yang sama persis. Sebaliknya, mungkin ada sedikit perbedaan gen karena sesuatu yang terjadi selama di kandungan atau karena faktor lingkungan.

Perbedaan-perbedaan kecil itu disebut dapat memengaruhi kemiripan bayi nantinya.

"Lingkungan tidak memengaruhi gen bayi yang didapat dari orangtua. Namun, lingkungan di mana orangtua tumbuh dapat mengubah bagaimana gen yang diwariskan diekspresikan," kata Almasy.

Sebagai contoh, jika ibu kembar identik punya kebiasan merokok dan saudaranya tidak merokok, anak-anak mereka dapat memiliki gen yang sama tapi gennya dapat diekspresikan dan memengaruhi bayi sehingga satu sama lain berbeda.

Baca juga: 5 Faktor yang Bikin Ibu Bisa Hamil Bayi Kembar

Selain pasangan kembar Deane-Salyers yang menikah, sepasang kembar identik lain Krissie dan Kassie Bevier juga menikah dengan pasangannya yang kembar identik Zack dan Nick Lewan di Michigan.



Close Ads X