Kompas.com - 18/07/2018, 18:06 WIB

KOMPAS.com - Bagi sebagian orang Indonesia, sambal dan cabai merupakan menu pelengkap di meja makan. Selain sebagai makanan pelengkap, cabai dan rasa pedasnya telah lama dianggap memiliki banyak manfaat kesehatan.

Kini, para ilmuwan dari University of Wyoming School of Pharmacy menemukan manfaat lain dari cabai, yaitu obat untuk memerangi obesitas.

Capsaicin

Para ilmuwan tersebut membuat obat anti-obesitas yang disebut Metabocin dari komponen dalam cabai, yaitu capsaicin.

Obat tersebut kemudian akan dipresentasikan dalam pertemuan tahunan Society for the Study of Ingestive Behavior's pada 20 Juli 2018 mendatang di Florida.

Sebagai informasi, capsaicin merupakan senyawa yang bertanggung jawab membuat rasa pedas pada cabai. Senyawa ini telah dikenal punya segudang manfaat kesehatan.

Sayangnya, rasa pedas yang dihasilkan tersebut sering mengganggu lambung atau rasa tidak nyaman di lidah.

"Untuk mengurangi efek ini, kami telah menyiapkan formulasi berlapis polimer untuk capsaicin. Cara ini membuat capsaicin dilepaskan dengan cara yang jauh lebih lambat," ungkap Baskaran Thyagarajan, pemimpin penelitian ini dikutip dari Newsweek, Selasa (17/07/2018).

"Orang yang mengonsumsinya tidak akan merasakan rasa tebakar di lidah (pedas) tapi tetap menikmati efek capsaicin untuk waktu yang lebih lama," imbuh profesor farmasi dan neurosains di Univerity Wyoming itu.

Baca juga: Cabai Terpedas di Dunia Bikin Kepala Pria Ini Seperti Disambar Petir

Cara Kerjanya...

Halaman:


Video Pilihan

Sumber Newsweek
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.