Spesies Hiu Baru Ditemukan, Wujudnya Mirip Karakter Anime

Kompas.com - 18/07/2018, 17:32 WIB
Hiu dogfish Genie bernama Squalus clarkae, adalah spesies hiu yang baru diidentifikasi dan namanya terinspirasi dari tokoh biologi laut Eugenie Clark.
Hiu dogfish Genie bernama Squalus clarkae, adalah spesies hiu yang baru diidentifikasi dan namanya terinspirasi dari tokoh biologi laut Eugenie Clark.


KOMPAS.com - Ilmuwan Florida baru saja menemukan spesies hiu dogfish yang baru diidentifikasi. Berbeda dari hiu yang selama ini kita lihat, hiu berukuran kecil ini memiliki bentuk unik dan menggemaskan.

Ia memiliki mata besar berwarna biru, membuatnya nampak seperti gabungan antara alien dan karakter dalam anime.

Oleh para ahli, hiu yang tinggal di laut dalam itu dinamai Squalus clarkae atau hiu dogfish Genie, yang terinspirasi dari nama tokoh ahli biologi kelautan Eugenie Clark.

Para ahli memprediksi, hiu yang panjangnya hanya 50 sampai 70 sentimeter itu berhabitat di Teluk Meksiko dan Samudera Atlantik barat.

Baca juga: Kala Para Peneliti Melatih Hiu Jadi Fans Musik Jazz

Sebenarnya, ini bukanlah temuan S. clarkae yang pertama. Sebelumnya para ahli telah menemukannya, dan ia dikategorikan sebagai spesies Squalus mitsukurii, spesies hiu dogfish asli Jepang.

Namun, tes genetik dan analisis karakteristik fisik menunjukkan S. clarkae berbeda dengan kerabat Jepangnya. Hal itu pun dijelaskan dalam laporan tentang S. clarkae yang dimuat dalam jurnal Zootaxa, Selasa (17/7/2018).

Hingga kini, sejarah kehidupan lebih dari 20 spesies kelompok Squalus masih menjadi misteri bagi para ilmuwan. Apalagi, ada kekhawatiran populasi hiu semakin terancam karena penangkapan hiu.

"Jenis penelitian ini sangat penting untuk konservasi dan pengelolaan hiu," kata Mariah Pfleger, penulis utama studi dan ilmuwan kelautan di Oceana dalam sebuah pernyataan dilansir Live Science, Selasa (17/7/2018).

"Langkah pertama untuk melestarikan spesies yang tinggal di laut dalam seperti hiu dogfish Genie adalah mencari tahu apa yang ada di habitatnya," imbuhnya.

Baca juga: 1.400 Hiu Besar Berkumpul di Lautan, Ada Apa?

Sebagai informasi, Eugenie Clark yang namanya dipakai untuk menamai spesies hiu baru ini adalah salah satu ahli kelautan perempuan pertama, dan ia punya julukan perempuan hiu.

Clark memulai karirnya di akhir 1940-an dan tutup usia pada 2015 di umur 92 tahun.

Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar di artikel ini! *S&K berlaku


Dapatkan Smartphone dan Voucher Belanja dengan #JernihBerkomentar dibawah ini! *S&K berlaku
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X