Kompas.com - 26/02/2018, 17:35 WIB
Roket Falcon Heavy milik SpaceX diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center di Florida, AS, Selasa (6/2/2018) waktu setempat. Roket yang diklaim paling kuat di dunia itu meluncur sambil membawa mobil sport Tesla milik Elon Musk dalam misi uji coba melintasi luar angkasa. AFP PHOTO/JIM WATSONRoket Falcon Heavy milik SpaceX diluncurkan dari Pad 39A di Kennedy Space Center di Florida, AS, Selasa (6/2/2018) waktu setempat. Roket yang diklaim paling kuat di dunia itu meluncur sambil membawa mobil sport Tesla milik Elon Musk dalam misi uji coba melintasi luar angkasa.

KOMPAS.com - Misi ke planet Mars menjadi salah satu impian besar umat manusia. Hal ini juga menyusul berbagai prediksi bahwa bumi akan hancur ratusan tahun yang akan datang.

Meski begitu, hingga saat ini belum ada satu pun astronot yang berhasil mendaratkan kakinya ke planet merah tersebut. Bahkan NASA juga sempat mengakui hal tersebut.

Namun, bukan bearti impian besar umat manusia itu pupus begitu saja. Baru-baru ini, astronot Inggris, Mayor Tim Peake mengatakan bahwa manusia akan bisa berjalan di permukaan Mars dalam 20 tahun ke depan.

Menurut Peake, hal ini akan terbantu oleh lompatan besar dalam perjalanan ke luar angkasa komersial, yaitu SpaceX.

Baca juga: Roket Terkuat di Dunia Bisa Bawa Mobil ke Luar Angkasa

Peake mengungkapkan pernyataan tersebut setelah Elon Musk, CEO SpaceX berhasil meluncurkan roket Falcon Heavy. Dalam peluncuran roket itu, Musk bahkan mengirimkan mobilnya ke luar angkasa.

Keberhasilan SpaceX ini disebut Peake sebagai tanda era baru yang "sangat menarik" dalam hal eksplorasi luar angkasa.

Pasalnya memang belum pernah ada yang berpikir mengirimkan sebuah mobil ke luar angkasa, terutama ke Mars.

Sebenarnya, misi manusia ke planet Mars diperkirakan baru akan berhasil pada akhir tahun 2030-an. Namun menurut Peake, eksploitasi kewirausahaan seperti SpaceX dapat memajukan jadwal tersebut.

Berbicara di sebuah acara yang bertujuan untuk mengumpulkan dana amal Aerobility, astronot tersebut menyebut bahwa misi manusia ke Mars akan dimulai pada 2022.

"Itulan yang saya benar-benar nantikan karena itu membuka jalan bagi pendaratan baik ke bulan (karena orbitya masuk ke jalur) dan sistem transportasi ke Mars," Ungkap Tim Peake dikutip dari The Sun, Minggu (25/02/2018).

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Sumber The Sun
Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.